Upacara Hari Bela Negara, Wabup Ajak Jaga Perstuan dan Kesatuan

di %s Peristiwa 112 views

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara ke 70 di Halaman Pendopo Wedya Graha, Ngawi, Rabu (19/12).  Peringatan kali ini, mengambil tema “Indonesia Tanah Airku Tercinta kan Kubela Sepanjang Masa”, hadir dalam acara ini Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Riyanto Djatmiko, Sekda Kabupaten Ngawi Moh Shodiq berasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daera (FORKOPIMDA), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipol Negara (ASN), Anggota Polri, Anggota TNI, mahasiswa, dan pelajar.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara oleh Ketua DPRD, Dwi Rianto Djatmiko. “Kami warga negara Indonesia, menyadari sepenuhnya bahwa, dalam rangka menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa demi kelangsungan hidup negara kesatuan republik Indonesia, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku mencintai tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara,” ucapnya membaca Ikrar Bela Negara.

Kemudian Wabup Ony Anwar membacakan amanat bela negara dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto. “Membela negara tidak harus dengan mengangkat senjata disesuaikan dengan perkembangan  zaman. diperlukan cara-cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman agar anak anak muda kita mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air, merekalah yang menahkodai kapal besar republik Indonesia di masa depan,” kata Wabup membacakan amanat Menkopolhukam, Wiranto.

Usai upacara, Ony Anwar sampaikan bahwa sesuai dengan amanat dari Pak Menteri, bela negara saat ini disesuaikan dengan jamannya, “Sekarang era industri four point o (4.0), sebuah manifestasi bela negara dan mengakselerasikan kesiapan rakyat menghadapi era robotik,” ungkap Ony Anwar.

Masih menurut Wabup, bahwa bela negara dalam arti luas adalah segala bentuk yang bisa dilakukan dengan inovasi dan kreatifitas untuk berprestasi dalam mengisi pembangunan adalah bagian dari bela negara, “Saya berharap dengan peringatan ini, seluruh warga masyarakat bisa menjaga persatuan dan kesatuan apalagi di tahun – tahun politik ini. Jangan sampai terjadi perpecahan,”pungkasnya.(kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Terkini Dalam Peristiwa

Go to Top