INFORMATIF, INSPIRATIF, MENCERAHKAN

Kabupaten Ngawi Tuan Rumah HAI 2019 Bupati Ngawi : Kesempatan Untuk Meningkatkan Angka Melek Huruf

di Pendidikan oleh
Banner

Tahun 2019 ini Kabupaten Ngawi menjadi tuan rumah peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 54 tingkat Provinsi Jawa Timur bertempat di Alun Alun Merdeka Ngawi.

Acara yang berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (6/11) hingga Jumat (8/11) dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Jawa Timur Himawan Estu Bagiyo mewakili Gubenur Jatim, Khofifah Indar Parawangsa.

Gubenur Jatim, dalam sambutannya yang dibacakan Himawan Estu Bagiyo menyampaikan saat ini pengentasan buta aksara menjadi salah satu perhatian Pemprov dan seluruh Kabupaten/Kota di Jatim dan akan dilakukan secara terpadu. Khofifah menegaskan pemberantasan buta aksara tidak lagi sekedar membuat masyarakat melek  huruf ataupun membaca, menulis tetapi lebih diarahkan serta integrasikan untuk memberdayakan masyarakat untuk lebih sejahtera, “Sehingga berdaya dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan kehidupan berbangsa,” lanjutnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyampaikan bahwa perinagtan HAI, setiap tanggal 8 September ditetapkan melalui konferensi UNESCO, 26 Oktober 1966 silam. “Sejak saat itu, HAI terus diperingati diseluruh dunia. Sebagai wujud agenda keaksaraan tingkat global, regional dan nasional,” ungkapnya.  

HAI yang dilakukan oleh warga dunia, menurut Budi Sulistyono adalah kesempatan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan angka melek huruf di dunia. “Diupayakan mampu menyadarkan khalayak untuk turut serta  menyuarakan, juga membantu masyarakat agar  terbebas dari buta aksara,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah HAI 2019, Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten Ngawi sangat mendukung kegiatan yang digelar ini, “Semoga berjalan lancar, kami dan seluruh masyarakat Ngawi siap mendukung serta mensukseskan acara ini,” ujarnya.

Seperti yang disampaikan Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Pemprov. Jatim, Hadiyono bahwa HAI ke 54 ini mengangkat tema Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat. Dan, selama berlangsung akan diisi dengan beragam kegiatan mulai pameran budaya lokal dan literasi masyarakat yang diikuti seluruh Kabupaten se Jatim,  seminar literasi dan seminar literasi IT, festival pentas seni pelajar, festival drum band,  jalan sehat wisata Benteng Pendem bersama IPI se Jatim dan Himpaudi, Servis gratis bagi kendaraan motor roda dua, pelayanan literasi anak berupa dua mobil dongeng, satu mobil bisokop keliling, satu mobil broadcast serta kegiatan menggambar dan mewarnai.

Hadir dalam pembukaan ini Kasubid Keaksaraan dan Budaya Baca Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kastum, Kepala Perpustakaan dan Arsip Prov. Jatim Abdul Hamid, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) Kabupaten Ngawi, pejabat lingkup Pemkab Ngawi. (allteam/kominfo)

Sebar dan Bagikan :

0Shares
0 0

Leave a Reply

Terkini Dalam Pendidikan

Go to Top