Jum’at Berkah Di Kecamatan Pangkur, Bupati Ngawi Minta Lestarikan Budaya “Methil”

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 846 views
Banner

Kembali, Jum’at Berkah dalam program Sambung Desa Nyambung Roso dilakukan kali ini tiga desa di Kecamatan Pangkur diantaranya Desa Gandri, Babadan, dan Pangkur, Jumat (19/11/22).

Hadir pada kegiatan ini, Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Sekda Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Wakil Ketua DPRD Ngawi, Sardjono, pimpinan OPD lingkup Pemkab Ngawi, Camat serta Kepala Desa se-Kecamatan Pangkur.

Mengawali kegiatan, rombongan Bupati Ngawi kunjungi Masjid Baitul Muchlisin Desa Gandri, kemudian ke Balai Desa untuk menyapa warga dan kelompok tani dilanjutkan penyerahan bantuan sosial seperti sembako, dana wali yatim, serta hibah dana untuk tempat ibadah dan lembaga didesa ini.

Setelah itu, Bupati Ngawi beserta rombongan menuju Desa Babadan dengan rangkaian kegiatan panen raya dilahan pertanian ramah lingkungan atau organik, kunjungan ke MIN 13 Ngawi, lalu silaturahmi dengan pengurus Ta’mir masjid Baiturrahman, disini juga dilakukan penyerahan bantuan sembako, santunan anak yatim dan hibah.

Tujuan berikutnya ke Desa Pangkur, dalam perjalanan Bupati Ngawi beserta rombongan meninjau perbaikan jalan Desa Paras, Kecamatan Pangkur.

Didesa ini Bupati Ngawi juga bertemu dengan kelompok tani dan masyarakat untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial seperti didesa sebelumnya ditambah penyerahan administrasi kependudukan, perijinan serta Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) berupa bedah rumah.

Disetiap desa Bupati Ngawi mengajak masyarakat terutama petani untuk mulai peduli terhadap lingkungan dengan pertanian ramah lingkungan untuk menjaga keberlangsungan pertanian dimasa mendatang disamping mengembalikan kesuburan tanah akibat penggunaan pupuk kimia selama ini, “Melalui Jumat Berkah ini, kita akan fokus pada evaluasi kegiatan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan,” ujarnya.

Ony Anwar juga ingin masyarakat melestarikan kembali tradisi tradisi leluhur, wujud syukur atas karunia Allah SWT, dengan “Methil” yang memiliki nilai nilai luhur, bersyukur melalui sedekah, “Dengan begitu kita bisa guyub rukun, tentunya ini akan menjadi berkah,” tuturnya

Menutup kegiatan ini, dengan sholat Jum’at di Masjid Sunan Ampel, Dusun Sambirobyong, Desa Pangkur.

Sebar dan Bagikan :

Shares