Forikan Upaya Tingkatkan Konsumsi Ikan di Ngawi

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 38 views
Banner

Saat ini, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Ngawi masih dibawah rata – rata Provinsi Jawa Timur, dengan kondisi ini Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perikanan dan Peternakan membentuk pengurus Forum Peningkatan Makan Ikan (Forikan) periode 2022 – 2026 yang dikukuhkan Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono di Pendopo Wedya Graha, Rabu (23/11/22) dengan ketua pengurus Ana Mursyida Ony Anwar Harsono.

Sementara Bupati Ony Anwar Harsono dikesempatan ini mengatakan keberadaan forum ini nantinya akan mendorong masyarakat untuk memulai gemar makan ikan khususnya bagi anak-anak di Kabupaten Ngawi, apalagi ada kader PKK disini. “Kami berharap Forikan dengan tim penggerak PKK ini bisa berkolaborasi dengan menghadirkan kreativitas pengelolaan menu yang berbahan dasar ikan sehingga anak-anak suka dan konsumsi ikan akan meningkat karena saat ini masih dibawah rata – rata,” katanya.

Ditandaskan Ony Anwar konsumsi ikan menjadi kebutuhan sangat penting, apalagi ketika harga pangan bersumber protein hewani lainnya tinggi. “Ikan bisa menjadi alternatif pengganti lauk protein hewani, yang harganya lebih terjangkau,” jelasnya.

Gerakan gemar ikan yang saat ini masif dilakukan saat ini, menurut Bupati Ngawi sudah sebanding dengan pasokan ikan skala lokal di Kabupaten Ngawi yang tercukupi dari perikanan budidaya atau tangkap. “Tapi bukan berarti kita puas dengan disini, sebab ada empat waduk besar yang bisa dimanfaatkan,” lanjutnya.

Untuk menjamin ketersediaan ini ikan, Bupati Ngawi minta dinas terkait menabur benih ikan minimal satu juta setahun.

Sementara Kadin Perikanan dan Peternakan, Bonadi mengungkapkan Forikan ini untuk menyikapi rendahnya konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Ngawi. Selain itu, Bonadi juga minta adanya sinergitas lintas sektor untuk menyosialisasikan serta mendukung progam nasional gemarikan di masyarakat.

“Tingkat konsumsi ikan kita masih perlu ditingkatkan. Dan, diharapkan di tahun – tahun berikutnya ada progres yang baik, sehingga ada peningkatan konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Ngawi,” terangnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares