INFORMATIF, INSPIRATIF, MENCERAHKAN

Upacara Peringatatan Hari Koperasi Nasional Ke-72, Bupati Ngawi Bacakan Sambutan Menteri Koperasi dan UKM

di Tekno Sains oleh
Banner

Bupati Ngawi, Budi Sulistyono menjadi inspektur dalam upacara peringatan Hari Koperasi ke 72 yang digelar di halaman Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Ngawi, Selasa (23/07).

Peringatan Hari Koperasi ke 72 kali ini mengusung tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, koperasi diharapkan mampu menghadapi tantangan baru di dunia perkoperasian. Tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang sudah berjalan selama ini.

“Di era digitalisasi dan artificial intelegence (ai) ini mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat. Dan hal ini berpengaruh pada Koperasi Indonesia yang harus memiliki kesiapan untuk menyikapi tantangan kekinian ini. Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian,” kata Budi Sulistyono menyampaikan sambutan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Menurutnya, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, tetapi juga persoalan mindset dan perubahan yang ada dalam sistem tata kelola. Maka, diperlukan sebuah perubahan dengan melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini

Anak Agung dalam amanatnya menyatakan bahwa reformasi total yang dijalankan dalam rentan waktu lima tahun terakhir ini, mendorong Koperasi untuk beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang dinamis saat ini, “Insan Koperasi disiapkan untuk mempunyai kreatifitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya,” terangnya.

Ia juga meminta sudah saatnya Koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya. Disamping itu, gerakan Koperasi bisa merangkul generasi milenial, yang sekarang jumlahnya mencapai sepertiga penduduk Indonesia. “Kita berharap agar gerakan Koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan Koperasi sebagai kekuatan bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutur Anak Agung diakhir amanatnya.

Usai upacara peringatan, Bupati Ngawi mengatakan perlu dilakukan  penyusutan jumlah Koperasi untuk pengembangannya supaya terfokus dan berkualitas  terutama di Kabupaten Ngawi, “Maka kami minta data yang betul mana saja Koperasi yang mati, mati suri. Dengan begitu kita tahu mana  saja yang masih bisa diberi kesempatan. Tapi, kami harapkan dengan gerakan Koperasi ini yang terpenting adalah goalnya untuk kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. (nf/kominfo)

Sebar dan Bagikan :

0Shares
0 0

Leave a Reply

Terkini Dalam Tekno Sains

Go to Top