Dinas Perkim Ngawi Gelar Rakor Peningkatan Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi

di Tekno Sains oleh
Banner

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi di Kabupaten Ngawi Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman gelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan air minum dan sanitasi di ruang Command Center, Kamis (05/03/20).

Hadir dalam rakor ini Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, Kepala Dinas Perkim, Purwono Broto Wasisto, anggota Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), anggota Tenaga Fasilitator Masyarakat (TFM), tim pendamping Masyarakat Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan Anggota Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) Kabupaten Ngawi.

Kadin Perkim, Purwono Broto Wasisto dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk membuat suatu program penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat di tahun anggaran 2020. Selain itu, Purnomo juga menambahkan capaian kegiatan yang telah dilakukan Dinas Perkim terkait penyediaan jaringan pipa untuk air bersih untuk masyarakat yang hampir mencapai 100 persen, “Jaringan tersebut sudah mencakupi 54 desa sampai tahun ini dan akan di tambahkan 20 desa untuk tahun 2020. Dengan ini masyarakat bisa memanfaatkan air bersih sesuai standart,” terang Purwono.

Sementara Wabup Ony Anwar dikesempatan ini memberikan apresiasinya terhadap capaian dan kerja keras yang telah dilakukan Dinas Perkim dan jajarannya untuk masyarakat terkait ketersediaan air bersih hingga saat ini. Kali ini, Ony Anwar juga menyampaikan data yang berasal dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bahwa kebutuhan jaringan perpipaan sebanyak 40 ribu, sementara ketersediaannya masih sekitar 36 ribu, “Maka kita harus bisa mengejar ketertinggalan itu, dan diharapkan kerjasama semua pihak agar kebutuhan tersebut bisa tercukupi,” tandasnya.

Wabup juga menginginkan semua leading sector termasuk komunitas dan masyarakat bisa menjaga lingkungannya dengan baik, supaya dimasa mendatang sumber air di Kabupaten Ngawi masih tetap terjaga kebersihannya dan tidak sampai habis, “Normalisasi sumber ini sangat penting, karena untuk mengembalikan fungsi air. Sehingga dapat berdampak pada kebaikan bersama,” tuturnya. Ditambahkan Ony Anwar perlunya digalakkan kembali penanaman bibit pohon selain menjaga lingkungan, “Dan, perlu sebuah ide kreatif untuk menjaga kebersihan air di Kabupaten Ngawi,” tegasnya. (Humas – Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

0Shares
0 0