Optimaliasi Dana Desa, Dengan Program Prioritas

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 269 views
Banner

Untuk mengakselerasikan pembangunan di desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa gelar pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa dengan memberikan sosialisasi penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2024 di R.M Notosuman, Watualang, Selasa (30/01/24).

Diungkapkan Kepala DPMDes, Kabul Tunggul Winarno sosialisasi ini dilakukan untuk mempercepat penyusunan anggaran Pemdes, yang selaras dengan target pembangunan Pemkab Ngawi, yang tertuang dalam RPJMD. “Penyusunan anggaran desa ini difokuskan untuk kegiatan prioritas dan selaras dengan target Pembangunan Pemkab Ngawi,” katanya.

Lebih lanjut, Kabul mengungkapkan anggaran ini juga digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT), ketahanan pangan serta kegiatan prioritas lainnya, “Yang sesuai dengan kewenangan desa,” jelasnya.

Sementara Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kerja Kepala Desa bisa ditingkatkan untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Ngawi.

Untuk rencana kerja pembangunan desa, Ony Anwar menekankan percepatan pembangunan infrastruktur dasar jalan, kemudian pertanian ramah lingkungan berkelanjutan melalui peningkatan SDM petani dengan ilmu dan teknologi, “Dengan peningkatan SDM pertanian, diharapkan nantinya tidak hanya produksi dan lahan pertanian yang semakin membaik tapi juga bisa mempertahankan ketahanan pangan kita bahkan menuju kedaulatan pangan dengan kemandiri pertanian,” terangnya.

Tidak kalah penting, diutarakan Bupati Ngawi terkait penangan stunting di disetiap wilayah, untuk lebih waspada terhadap data yang disampaikan.

“Masing-masing wilayah agar tidak terjebak dan berhati-hati dengan data yang disampaikan. Tapi lebih difokuskan untuk menyiapkan para orang tua terkait bagaiman gizi yang seimbang serta pendampingan secara dini,” terangnya.

Kemudian, penanganan kemiskinan menurut Ony Anwar dengan percepepatan pembanguan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Dengan begitu akan lebih banyak RTLH yang bisa dibantu dan tingkat kemiskinan kita juga akan ikut menurun,” tandasnya.

Acara yang dihadiri seluruh Kades, Perangkat Desa, Badan Musyawara Desa (BPD) dan instansi terkait. ini juga dilakukan

Disela kegiatan ini juga diserahkan piagam Prospektif Good Government dan Desa Mandiri tmTahun 2023.

Sebar dan Bagikan :

Shares