Festival Bakar Ikan Air Tawar Meriahkan Hari Ikan Nasional

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 519 views
Banner

Peringati Hari Ikan Nasional 2023 Pemerintah Kabupaten Ngawi gelar acara bertajuk Festival Bakar Ikan Air Tawar Gelorakan Gerakan Gemar Makan Ikan, Senin (26/11/23) di Waduk Sangiran Kecamatan Bringin.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam peringatan kali ini, diantaranya pelepasan 20 ribu benih ikan bandeng di waduk sangiran, lomba mancing ikan bandeng, lomba bakar ikan, penyerahan paket olahan makanan ikan kepada balita stunting dan deklarasi gemar makan ikan.

Disampaikan Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono gerakan gemar makan ikan menjadi perhatian khusus sebab saat ini konsumsi ikan per orang 34 kilogram per tahun masih dibawah nasional rata rata konsumsi 50 kilogram pertahun, “Untuk itu di momen peringatan hari ikan ini kita gelorakan gerakan makan ikan untuk memenuhi protein pada tubuh utamanya anak anak sekaligus untuk menekan angka stunting,” ujarnya.

Sebagai stimulus ditambahkan Bupati Ngawi dikegiatan ini diserahkan 60 paket olahan makanan ikan untuk balita stunting di Desa Sumber Bening.

Sementara untuk meningkatkan kuantitas produksi dan konsumsi ikan di Kabupaten Ngawi akan dioptimalkan hulu dan hilirisasi produksi ikan, dari hulu akan diperbanyak kelompok peternak ikan dan bantuan benih sedangkan di hilir akan dimaksimalkan pada pelatihan olahan ikan di UMKM, ” Sehingga value dari ikan ini lebih meningkat”, imbuh Ony Anwar.

Ditambahkan Ony Anwar Waduk Sangiran ini memiliki potensi luar biasa disektor pariwisata utamanya bagi para mancing mania sebab ikan bandeng yang berkembang dengan baik, ” tarikan ikan bandengnya digemari pemancing, sudah terkenal hingga ke luar, ” Katanya.

Untuk menjaga keberlangsungan ketersediaan ikan bandeng dalam kesempatan ini Bupati Ngawi didampingi Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Sekda Ngawi Mokh Sodiq Triwidiyanto dan Kadin Perikanan Peternakan Eko Yudo menebar 20 ribu benih ikan bandeng.

Turut hadir dalam kegiatan ini Istri Bupati Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar, Istri Wakil Bupati Ineke Dwiastuti, Istri Ketua DPRD Sunarni Heru Kusnindar, Kepala OPD, Forkipimcam Bringin dan Kades Se Kec Bringin.

Sebar dan Bagikan :

Shares