Ngawi Tourism Festival 2023, Fokus Kembangkan Desa Wisata

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 431 views
Banner

Strategi untuk mengembangan pariwisata di Kabupaten Ngawi, Badan Pelaksana Otorita Borobudur bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi gelar Ngawi Tourism Festival 2023, di Agro Tekno Park Ngawi, (22-23/11/23).

Kegiatan yang diikuti pengelola wisata desa dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan serangkaian agenda diantaranya, bimbingan teknis pengembangan Desa Wisata, kunjungan lapangan serta forum discussion group (FGD).

Dalam FGD kali ini, Selasa (22/11/23) dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono sekaligus menjadi sarana menyerap aspirasi dan masukan diantaranya aksesibilitas dan infrastruktur kawasan Desa Wisata. “Akses dan infrastruktur menuju tempat wisata yang mungkin perlu pelebaran, atau perbaikan, itu nanti akan kita fasilitasi lebih detail,” kata Ony Anwar.

Lebih lanjut Ony Anwar berharap di tahun 2024, Kabupaten Ngawi dapat kembali mewujudkan Ngawi Visit Year yang didukung dengan selesainya pembangunan Mall Pelayanan Publik salah satunya sebagai layanan Tourism Center, termasukdukungan akomodasi oleh investor berupa hotel bintang empat yang juga selesai dibangun di Kabupaten Ngawi. “Dua hal ini yang membuat kita bersemangat untuk mastikan kembali Ngawi Visit Year di tahun 2024,” jelasnya.

Sementara, Dirut Balai Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin mengatakan Ngawi masuk kedalam kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Solo – Sangiran yang merupakan UNESCO branding sebagai museum manusia purba, “Di tahun 2023 ini, kami juga sudah menyusun strategi pemasan untuk DPN, dan Ngawi ada didalamnya,” katanya.

Agustin berharap di tahun 2024 Kabupaten Ngawi tidak sekedar menjadi transit akan tetapi sudah menjadi destinasi tujuan, dengan dukungan akomodasi yang ada. “Tahun depan di Ngawi harus menginap. Karena di Ngawi tidak cukup satu sampai dua hari,” terangnya.

Tak hanya itu Agustin juga pesan pengelola wisata khususnya Desa Wisata bisa mengambil kesempatan ini dengan mengoptimalkan potensi pariwisatanya, serta saling bersinergi untuk saling mengatakan. ” Yang terpenting adalah, antar desa wisata di Ngawi ini bisa bersinergi,” lanjutnya.

Turut hadir pada kesemlatan ini, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa beserta Pengelola Desa Wisata, Pokdarwis, serta biro perjalanan wisata.

Sebar dan Bagikan :

Shares