HKN ke-59, Menkes RI Minta Percepatan Digitalisasi Data Kesehatan Ke Platform Satu Sehat

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 669 views
Banner

Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi gelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. Senin, (13/11/23).

Hadir dikesempatan ini, Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono. Sekda Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto. Jajaran Forkopimda Ngawi. Kepala OPD lingkup Pemkab Ngawi. Ketua Bidang Penguatan Keluarga TP PKK Ngawi, Inneke Dwi Dwi Rianto Jatmiko. Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Ngawi, Sunarmi Heru Kusnindar, Dirut Rumah sakit umum dan swasta Kabupaten Ngawi serta kepala Puskesmas se-kabupaten Ngawi.

Bupati Ngawi sebagai inspektur upacara, yang kali ini menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam amanatnya, Budi Gunadi mengatakan pentingnya sinergi dan kolaborasi yang erat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat dalam menegakkan enam pilar transformasi kesehatan, “Diantaranya, transformasi pelayanan primer, dengan fokus dari mengobati menjadi mencegah, kedua, transformasi layanann rujukan, dengan memudahkan akses layanan kesehatan, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, yang berorientasi pada kemandirian industri kesehatan dalam negeri dan keempat transformasi pembiayaan kesehatan, dari efisien menjadi transparan dan efektif yang kelima transformasi SDM kesehatan, dari SDM yang kurang menjadi cukup dan merata, pilar keenam transformasi teknologi kesehatan, yakni dari sistem yang terfragmentasi menjadi sistem yang terintegrasi,” jelas Menkes.

Selain itu Menkes minta percepatan digitalisasi data kesehatan melalui penggunaan rekam medis elektronik yang terhubung ke platform Satu Sehat.

Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan, diantaranya Nakes teladan tingkat Provinsi Jawa Timur dan tingkat Kabupaten Ngawi, penghargaan purna tugas Dinas Kesehatan Ngawi, serta penyerahan hadiah sejumlah lomba dalam rangkaian peringatan HKN ke-59 di Kabupaten Ngawi.

Sebar dan Bagikan :

Shares