Ratusan Kasek dan Guru SMA/SMK Wilayah Cabdin Madiun Ikuti Seminar Kebahasaan dan Kesastraan

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 754 views
Banner

Peringati Hari Sumpah Pemuda serta meningkatkan kemampuan literasi dibidang sastra, MKKS SMA/SMK Wilayah Cabang Madiun gelar Semimar Kebahasaan dan Kesastraan yang diikuti Kepala Sekolah dan Guru lingkup Cabdin Wilayah Madiun di Gedung Notosuman, Watualang, Selasa (31/10/23).

Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko yang hadir diacara ini mengatakan bahwa seminar ini sebagai terobosan yang luar biasa, ditangah situasi saat ini dan mengembalikan kecintaan anak terhadap segala macam karya sastra monumental hasil karya para pujangga dimasa lalu yang mampu beradaptasi hingga masa sekarang, “Yang tentu saja memiliki kesesuain terhadap ciri khas karakter bangsa kita,” tandasnya.

Dwi Rianto berharap dari seminar ini semua peserta memiliki paham visi yang sama mendorong minat anak didik untuk mencintai karya sastra termasuk sejarah bangsa.

Sementara itu Ketua MKKS Ngawi Tjahjono Widjanto mengatakan seminar ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda jangkar pertama yang perlu dihidupkan kembali, disamping mengangkat kembali marwah akademis, “Agar para Kepala Sekolah maupun guru tidak hanya mengurusi kegiatan administrasi ataupun rutinitas saja tapi harus bisa menjadi penjaga gawang akademis,” jelasnya.

Diungkapkan Tjahjono kegiatan ini mengusung tema “Literasi Ditengah Kebhinekaan”, dimaknai bahwa kenhhinekaan ini menjadi persoalan yang luar biasa dan termasuk dalam kurikulum merdeka, “Salah satunya adalah kemerdekaan global yang ingin kami hadirkan dalam sekolah,” lanjutnya.

Sementara sebagai narasumber di seminar yang diikuti 186 peserta ini adalah Prof. Dr. Djoko Saryono, Prof. Dr. Suminto A Sayuti, Dr. Toengsoe Tjahjono, dan Dr. Sutejo.

Sebar dan Bagikan :

Shares