Keduk Beji, Upaya Jaga Alam

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan/Seni Budaya 769 views
Banner

Tradisi Keduk Beji, telah menjadi agenda rutin tahunan, kali ini kembali dilakukan masyarakat Desa Tawun Kecamatan Kasreman., Selasa (31/10/23) di Wisata Pemandian Tawun Kecamatan Kasreman.

Hadir dikegiatan ini, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, GKR. Koes Moertiyah Wandasari dari Keraton Surakarta, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ngawi, Wiwien Purwaningsih, Forkopimcam Kasreman dan perangkat Desa Tawun.

Dikatakan Bupati Ngawi Keduk Beji merupakan bentuk menjaga lingkungan kelestarian alam dan sumber air di Sendang Tawun agar tetap terjaga, “Dan memberi manfaat baik untuk mencukupi air baku atau untuk bercocok tanam masyarakat sekitar tawun,” ujarnya.

Ony Anwar juga mengapresiasi antusias pemuda Desa Tawun yang tumplek blek guyub rukun ikut membersihkan Sendang Tawun, ” Terima kasih untuk pemuda dan Pokdarwis, antusias yang sangat luar biasa”, imbuhnya.

Tradisi Keduk Beji sendiri, adalah pembersihan Sendang (mata air) Tawun dalam serangkaian prosesi adat yang dilakukan sesepuh atau juru kunci warga setempat berupa “nyilem” kedalam mata air dengan membawa sesaji kemudian disela acara ini juga ada hiburan kesenian tradisional.

Sebar dan Bagikan :

Shares