Pertemuan Paguyuban Warga Jatim bersama Bupati dan Walikota, Bangun Sinergi Dorong Perekonomian Daerah

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 1,533 views
Banner

Bertempat di Sasono Utomo TMII, Jakarta, Pimpinan Paguyuban bersama Warga Jawa Timur Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo) gelar Halal Bihalal selepas momen Idul Fitri 1444 Hijriah dan perdana usai pandemi Covid-19, Minggu (14/05/23).

Paguyuban ini berasal dari lima daerah di Jatim wilayah Mataraman, yakni Pawargo (Ponorogo), Paguma (Madiun), IKMA (Magetan), PWN (Ngawi), dan PWP (Pacitan). Kali ini, Pswargo menjadi tuan rumah agenda pertemuan rutin, juga sebagai budaya silaturahim sejak tahun 2000 silam.

Dikesempatan ini, Ketua Umum Pawargo sekaligus Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan Pawitandirogo harus menjadi wadah bersama membangun sinergi antar Kabupaten dan kota di Jatim dan sekitarnya.

“Kami bersama tujuh Kepala Daerah sudah berkomitmen untuk membangun sinergi dan Kemitraan, guna mendorong pembangunan dan perekonomian daerah di Jawa Timur,” tandasnya.

Selanjutnya, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap melalui paguyuban warga ini bisa membantu berbagai upaya mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Senada dengan Susiwijono, Mantan Gubernur Jatim Soekarwo menegaskan kembali bahwa Pawitandirogo sebagai wadah sinergi konkret antar Pemerintah Daerah dengan warganya yang menjadi tokoh atau pejabat di lingkungan Pusat.

“Diharapkan akan mampu berkontribusi nyata pada ekonomi daerah”, katanya.

Lanjut Soekarwo yang akrab disapa Pak De Karwo, menyampaikan pertumbuhan perekonomian nasional yang di Jawa Timur cukup baik usai pandemi naik sedikit sebanyak 5,34 persen dari standar ekonomi nasional 5,31 persen.

Namun, sebagian Kabupaten di wilayah mataraman masih di bawah standar nasional, sehingga dibutuhkan upaya dalam menjalin sinergi antar daerah.

“Di masa bonus demografi ini menjadi kesempatan emas untuk memanfaatkan berlimpahnya sumber daya usia produktif di daerah”, katanya.

Dikesempatan ini Anggota 1 BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana, menyatakan akan mendukung penuh semua upaya untuk mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Di akhir acara, Susiwijono menyampaikan kesepakatan dengan Kepala Daerah sebagai tindak lanjut hasil acara, selanjutnya pertemuan digelar kembali di Madiun sebagai lanjutan pembahasan lebih konkret upaya mendorong perekonomian daerah khususnya di wilayah Paguyuban Warga Jawa Timur.

Acara dimeriahkan dengan gelaran Reyog Ponorogo, Tari Remo Jawa Timuran, Pagelaran kesenian Dongkrek Madiun diisi Pelawak Srimulat (Tarsan,Tessy), dan berbagai sinden serta penyanyi dari Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan ini Keluarga Besar Paguyuban wilayah Pawitandirogo, jajaran tujuh Bupati dan Walikota (Bupati Ponorogo, Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Mojokerto, dan Walikota Madiun), Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto (mantan Panglima TNI), Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo, Erani Yustika (Kaset Wapres), Robben Rico (Plt. Sekjen Kemensos), dan jajaran pusat lainnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares