HKN Ke 58, Menuju Tranformasi Kesehatan

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 70 views
Banner

Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Kabupaten Ngawi digelar di halaman RSUD Mantingan, Senin (14/11/22) dipimpin Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko.

Hadir dikesempatan ini, istri Wabup Ngawi, Ineke Dwi Rianto Jatmiko, Forkopimda Ngawi , Kepala OPD lingkup Pemkab Ngawi, pimpinan bersama jajaran RSUD Mantingan.

Di HKN Ke 58 ini, Wabup Ngawi menyampaikan amanat Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang menyatakan saat ini Kemenkes sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar yang bertujuan mewujudkan masyarakat sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan, “Sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam mengahadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang,” katanya.

Dijelaskan Budi Gunadi, fokus enam pilar kesehatan adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan teknologi
kesehatan.

Usai upacara peringatan, kegiatan dilanjutkan penyerahan penghargaan untuk tenaga kesehatan (Nakes) teladan, juara lomba Puskesmas Bersih, juara lomba UKS/M tingkat SMP/MTSN, penghargaan kader Posyandu, penghargaan Desa STBM, penghargaan Klinik Terbersih dan penghargaan bagi Purna Abdi Bidang Kesehatan.

Tidak hanya itu, kali ini juga ada launching Pelayanan USG di Puskesmas, sebagai komitmen penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). “Komitmen tersebut akan kita bangun bersama tidak hanya pada tataran Dinas Kesehatan saja tapi juga pemerintah desa bersama kader Posyandu kemudian pelayanan Puskesmas yang bisa membantu ibu hamil yang akan melahirkan,” ujar Wabup disela kegiatan ini

Sehingga bumil, menurut Wabup Ngawi mampu melahirkan bayi yang berkualitas karena sejak dini telah dilakukan pencegahan Stunting dan hal lainnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares