Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Momentum Kebangkitan

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 181 views
Banner

Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tak lepas dari peristiwa kudeta yang gagal dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal dengan Gerakan 30 September 1965 atau biasa disebut G30S PKI. Dalam peristiwa tersebut, enam jenderal serta satu perwira TNI AD dibunuh. Untuk mengingat peristiwa tersebut setiap tanggal 1 Oktober dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Sabtu (1/09/22) di Halaman Pendopo Wedya Graha dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, turut hadir mengikuti upacara, Forkopimda Ngawi, Kepala OPD serta jajaran TNI/POLRI, ASN dan pelajar.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta kemudian pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur upacara dilanjutkan pembacaan Ikrar oleh Ketua DPRD Ngawi Heru Kusnindar.

Dengan mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” dikatakan Wabup Ngawi, peringatan ini menjadi momen kebangkitan dimasa pandemi Covid 19 meneguhkan untuk bangkit kembali untuk berbagai disektor, ” Itu yang diharapkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus betul-betul cermat mengambil kebijakan di segala sektor,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dwi Rianto Jatmiko juga berpesan bahwa Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari hari, ditanamkan nilai-nilai nya, dan ditanamkan sejak dini sehingga nantinya meraka akan mampu mengahadapi perkembangan jaman yang pesat ini, “Dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila terutama dalam memproyeksikan terhadap pengaruh negatif dari budaya asing yang tidak sesuai dengan adat tradisi masyarakat kita,” tuturnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares