Diskominfo Statistik dan Persandian Ngawi gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 60 views
Banner

Pemerintah Kabupaten Ngawi terus berkomitmen mengembangkan kota cerdas dengan dukungan pemanfaatan TIK sebagai strategi peningkatan layanan kepada masyarakat.

“Komponen dalam meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat adalah dengan dukungan sumber daya yang didukung penggunaan TIK dan partisipasi masyarakat dalam membangun peradaban Smart City,” ungkap Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plane Kota Cerdas(Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Ngawi di Kurnia Hall Convention Center, Selasa (21/06/22). Acara ini digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Ngawi.

Menurut Ony Anwar, untuk mewujudkannya perlu penyusunan Master Plan yang dukung OPD sehingga Smart City mampu menjadi solusi secara komprehensif, “Kemudian memetakan apa yang menjadi permasalahan real dari tingkatan masyarakat, dengan inovasi dituangkan dalam project di Smart City ini menghasilkan efektivitas. Jadi kita bekerja lebih cepat, lebih transparan, lebih akuntabel dan lebih bertanggung jawab,” lanjutnya.

Ony Anwar menambahkan jaringan infrastruktur juga menjadi penunjang utama terwujudnya Smart City, lebih lanjut dikatakan Bupati Ngawi bahwa saat ini fiber optik sudah banyak dipasang di wilayah Ngawi, “Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir jaringan infrastrukturnya kita telah memiliki fiber optik mandiri di beberapa titik. Dengan infrastruktur yang baik ini secara implementasinya punya kemanfaatannya lebih,” terangnya.

Mewujudkan Smart City, diutarakan Ony Anwar sebagai komitmen bersama dalam upaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, “Kita pastikan Smart City ini, benar-benar membantu efektivitas dalam bekerja. Dan hal ini harus dilandasi dari keinginan kita untuk menghadirkan pelayanan kepada masyarakat itu dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara terkait Quick Win, Bupati Ngawi sepakat menjadi prioritas utama, sebab lebih fokus terhadap program yang berdampak pada masyarakat, “Dengan Quick Win ini jadi lebih terfokus tidak grambyang (kesana-kemari)”, tutupnya.

Dikesempatan ini Kadin Kominfo Statistik dan Persandian, Wahyu Sri Kuncoro, mengatakan Kabupaten Ngawi terpilih masuk dalam Gerakan Menuju Smart City (GMSC) yang diinisiasi oleh Kemenkominfo sebagai upaya perwujudan smart city di seluruh wilayah di Indonesia, “Sejak 2017 lalu di mulai dengan 25 Kabupaten lainnya, sampai saat ini kita patut bersyukur Kabupaten Ngawi masuk diantara 198 kabupaten kota yang mendapatkan bimbingan langsung dari kemenkominfo dalam mewujudkan smart city,” ungkap Wahyu dalam laporannya.

Bimtek ini diikuti jajaran OPD dan akan berlangsung selama dua hari, Selasa – Rabu (21- 22/06/22).

Turut hadir narasumber dari PT City Asia, Farid Sobkhan, Sub Koordinator LAI Kemenkominfo, Febina Theresia Siahaan, Ketua Komisi DPRD IV Kab Ngawi, Haryanto serta tim pelaksana Smart City dari jajaran OPD lingkup Pemkab Ngawi.

Sebar dan Bagikan :

Shares