Konferensi Pers, Bupati Ngawi Sampaikan PDP 15 Sembuh Covid-19

di %s Berita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 1,671 views
Banner

Bupati Ngawi, Budi Sulistyono didampingi Wakil Bupati Ony Anwar, Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto bersama Kepala Dinas Kesehatan,Yudono dan Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika, Prasetyo Harri Adi, gelar konferensi pers terkait kasus pasien positif Covid-19 Kabupaten Ngawi, di Ruang Data Pendopo Wedya Graha, Senin (04/05/20).


Dalam siaran persnya Bupati Ngawi, menyampaikan bahwa pasien positif Covid- 19 asal Kecamatan Walikukun atau PDP 15 sembuh, setelah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Moewardi Solo.
Dikesempatan ini, Budi Sulistyono juga menjelaskan hasil tracking yang dilakukan Dinkes Ngawi terhadap PDP 15 ini, bahwa pasien ini adalah petani dan berkeluarga dengan seorang putri serta tidak banyak melakukan interaksi. Dijelaskan, sebelum dinyatakan positif Covid-19, pasien ini memiliki riwayat sakit pinggang, dan rutin melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit di Sragen, “Karena tidak ada perubahan secara berarti, pasien kemudian berobat di RS. Moewardi Solo, dan awal Januari 2020, oleh keluarga pasien didaftarkan untuk pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI), dan dijadwalkan pada 8 April 2020. Kemudian, di tanggal 27 Maret 2020, pasien mengalami gejala batuk, tetapi selama dua minggu tersebut pasien ini tidak ada riwayat berpergian keluar kota,” terangnya.


Namun sebelumnya, seperti yang disampaikan Bupati dalam konferensi persnya, pada akhir Maret silam, pasien ini sempat berobat ke salah satu dokter praktik di Widodaren, lalu periksa lagi ke dokter spesialis penyakit dalam di Sragen. “Dan, Tanggal 8 April, pasien yang masih dalam keadaan sakit batuk, diantar putrinya ke RSUD. Moewardi, dengan naik bis yang sebelumnya mengendarai sepeda motor. Selama menunggu antrian, pasien ini mengalami batuk terus, kemudian petugas membawanya ke Instalansi Gawat Darurat (IGD) karena mengeluh sakit, lemes, pusing dan sesak nafas,” lanjutnya.
Menurut Bupati, di IGD ini dilakukan rapid test, dan hasilnya negatif, setelah itu pasien dirujuk ke spesialis paru, “Setelah itu, tanggal 10 April, di ambil swab pertama, dan tanggal 22 April di swab kedua, yang hasilnya positif, kemudian pada tanggal 25 April di ambil swab ketiga dan tanggal 28 April di ambil swab keempat hasilnya negatif,” terangnya. “Jadi pasien sekarang, sudah dipastikan negatif, dan boleh pulang. Tetapi masih harus melakukan isolasi mandiri selama empat belas hari di rumahnya,” ungkapnya.

Klaster Temboro
Selain itu, Bupati juga menyampaikan akan kembali melakukan rapid test terhadap 224 santri asal Pondok Pesantren Temboro, Magetan, “Klaster Temboro luar biasa, sehingga perlu dicermati secara detail dan betul terhadap semua santri yang pulang dari Temboro ini,” katanya.
Dijelaskan Budi Sulistyono bahwa sebelumnya telah dilakukan rapid test tehadap kurang lebih 238 santri beserta keluarga yang mendampingi saat pulang dari pondok. Tetapi, ada tiga santri yang gagal di rapid test karena sudah kembali lagi ke Temboro. “Dari 235 santri yang di rapid test, dan 11 diantaranya menunjukkan hasil reaktif, sedangkan 224 lainnya non reaktif. Dan, dari 11 santri itu, ada satu santri yang kembali ke Magetan tanpa mengikuti pengambilan swab pada tanggal 24 April,” lanjutnya.


Masih diterangkan Bupati, pada tanggal 25 April, sepuluh santri kembali diambil sample swab yang kedua, “Ini hanya untuk memastikan saja, sampai hari ini kita masih menunggu hasilnya, dan santri yang hasil rapid testnya reaktif melalukan isolasi mandiri secara ketat dan diawasi,” ucapnya.


Mengakhiri konferensi persnya, Bupati menyatakan bahwa penularan virus Corona ini bisa terjadi dimana saja, “Bisa di bus, rumah sakit, pasar, dan bisa di sekolah,” ujarnya.


Antara PDP 15 dan klaster Temboro menurut Bupati sangat berbeda, “Kalau PDP 15 kita bisa langsung tahu, ada gejala virus Corona, sementara kluster Temboro rata – rata orang tanpa gejala (OTG), dan usianya juga masih muda, tetapi keduanya membawa Covid-19,” tandasnya.


Dan, Bupati kembali berpesan untuk selalu waspada serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, “Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pakai masker setiap saat dan jaga jarak, istirahat cukup, makanan bergizi, jangan sering pegang mata, hidung, dan mulut,” pungkasnya. (Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

Shares