Sejumlah Produk UMK Ngawi Ekspor ke Dubai dan Amerika

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 843 views
Banner

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui DPMPTSP terus lakukan sejumlah cara untuk meningkatkan kualitas produk UMK, untuk dipasarkan secara global kali ini ke negara Dubai dan Amerika melalui fasilitasi UMK dalam peningkatan produk secara hybrid di Gedung Notosuman, Selasa (12/12/23).

Hadir dikegiatan ini Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Julian Setiarsa dari Export Center Surabaya, Kepala DPMPTSP Totok Sudaryanto, Kadin Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kusumawati Nilam, Kadin Koperasi Harsoyo, serta perwakilan OPD terkait serta Arief Wibisono Direktur pengembagan pasar dan informasi ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Iska Huberta Sinurat kepala ITPC ( Indonesia Trade Promotion Center ) Chicago, Khumaini kepala ITPC Dubai, Widi dari Direktur P2IE (Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor) Ditjen PEN Kemmendag RI hadir melalui zoom meeting.

Bupati Ony Anwar Harsono dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Direktur pengembagan pasar dan informasi ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) yang telah memberikan kesempatam bagi pelaku UMK Ngawi untuk mencoba mengawali ekspor perdananya.

“Hal ini merupakan sebuah pembuka pintu bagi produk-produk UMK Ngawi untuk bisa keluar negeri dan dikenalkan di kancah internasional,” katanya.

Selain itu, Bupati juga ingin adanya adanya sistem berkelanjutan dengan pendampingan, “Agar produk – produk UMK yang belum lolos seleksi ekspor ini bisa diminati oleh pekerja serta masyarakat yang ada di negara lain, sehingga bisa ada permintaan kembali ke kita,” lanjutnya.

Sementara Kepala DPMPTSP Totok Sudaryanto menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas perangkat daerah dan juga penggiat UMK untuk bisa lebih bersaing dikancah luar.

Totok juga mengungkapkan untuk kali ini hanya ada beberapa macam produk yang siap dibawa ke Dubai dan Amerika seperti industri furniture, kraff, makanan, dan anyaman. Sedangkan untuk produk lain yang belum lolos atau masuk kualitas ekspor diharapkan lebih bersemangat lagi meningkatkan kualitas dan inovasi produknya.

Disela kegiatan ini juga dilakukan pelepasan secara resmi produk siap ekspor ke Dubai dan Amerika oleh Bupati Ony Anwar Harsono.

Sebar dan Bagikan :

Shares