Sekar Keprabon Kertonegoro, Prosesi Budaya Mengingat Asal Usul Ngawi

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 1,238 views
Banner

Sekar Keprabon Kertonegoro menjadi pembuka rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi Ke 665, dimulai dari Pendopo Wedya Graha menuju Kantor Kecamatan Sine, Senin (03/07/23).

Sekar Keprabon Kertonegoro adalah prosesi menyambut ziarah Bupati Ngawi beserta jajarannya ke makam leluhur Kanjeng Raden Tumenggung Adipati Kertonegoro yang rutin dilakukan jelang Hari Jadi Kabupaten Ngawi setiap tahunnya.

Menurut Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono Sekar Keprabon ini diniatkan sebagai rasa syukur dan penghargaan bagi leluhur yang berjuang untuk kemerdekaan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Ngawi.

Seperti yang diungkapkan Ony Anwar kegiatan perdana ini, juga untuk mengenalkan sejarah dan budaya kepada generasi muda, “Jadi, kalau tidak ada prosesi kebudayaan seperti ini, mungkin nanti bisa lupa sejarah atau peristiwa,” tandasnya.

Bupati Ngawi berharap generasi penerus bisa terus mengingat sejarah asal usul Kabupaten Ngawi dan leluhurnya, “Itu yang menjadi bagian prosesi budaya ini, setidaknya bisa mengingatkan kembali generasi penerus akan sejarah Kabupaten Ngawi,” tuturnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares