7 Ribu Petani Tembakau dan Buruh Rentan Ngawi Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 1,519 views
Banner

Rabu (07/06/23) bertempat di Pendopo Wedya Graha puluhan buruh petani tembakau dan pekerja rentan terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dalam acara bertajuk Launching Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Turut hadir dikegiatan ini Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Madiun Zakiyah Sekretaris Daerah Ngawi, Mokh Sodiq Triwidiyanto, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Nilam Sulandrianingrum bersama jajaran OPD terkait lingkup Pemkab Ngawi.

Menurut Bupati Ngawi dikegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 terkait optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan untuk menjamin perlindungan kepada pekerja dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, “Kita fasilitasi untuk BPJS ketenagakerjaan bisa memberikan rasa aman tidak cemas dalam bekerja sehingga bekerja lebih optimal dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dikatakan Nilam launching kali ini untuk menyerahkan 7. 616 kartu BPJS untuk petani tembakau dan pekerja rentan, “Di mana 34 diantaranya pekerja outsourcing dari Dinas Lingkungan Hidup yang bekerja sebagai tenaga kebersihan sampah”, ujarnya.

7.616 kartu BPJS ditambahkan Nilam dalam iurannya akan dibebankan pada anggaran DBHCHT DPPTK tahun anggaran 2023, “Hadirnya BPJS Ketenagakerjaan diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pekerja informal lainya untuk mendapatkan jaminan sosial keselamatan dalam bekerja secara mandiri,” imbuhnya.

Sementara Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Hadi Purnomo memberikan apresiasinya untuk Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam mengupayakan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pada pekerja buruh tani, “Disini ada dua program yakni jaminan kecelakaan dan kematian, dimana jaminan kecelakaan ini dapat dimanfaatkan untuk berobat dan program kematian diberikan kepada ahli warisnya”, ujarnya.

Dikesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MOU antara Pemkab Ngawi dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebar dan Bagikan :

Shares