Penandatanganan Pakta Integritas dan Rakor Pengembangan Infrastruktur Sosek Wilayah di Kabupaten Ngawi TA 2023

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi 1,102 views
Banner

Dinas Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (Perkim) gelar Rapat Koordinasi Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di Pendopo Wedya Graha, Kamis (13/4/23).

“Tahun ini, Alhamdulillah Kabupaten Ngawi mendapatkan PISEW di 8 Kecamatan dan 16 desa di, diantaranya Kecamatan Geneng, Mantingan, Ngrambe, Karangjati, Karanganyar, Kendal, Sine dan Gerih”, ungkap PLT Dinas Perkim Muhammad Sadli.

Tahapan program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) dijelaskan Sadli merupakan Pertemuan Kecamatan (PK-1) di Kabupaten Ngawi sebagai respons luar biasa dari Kementerian PUPR untuk meningkatkan ekonomi di kawasan pedesaan dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Sementara Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko dikesempatan ini mengatakan seluruh program akan berjalan dengan lancar apabila target juga direncanakan dengan baik, salah satunya melalui musrenbang.

“Program ini memerlukan pendampingan dari fasilitator dan tenaga ahli serta stakeholder terkait, juga sebagai pertanggungjawaban anggaran APBD/desa sehingga mampu memberikan manfaat dengan menekankan integritas perencanaan pembangunan,” katanya.

Sedangkan menurut PPK BPPW Jatim Yayat Winadi PISEW ini memiliki output dari PK-1, yakni dengan menentukan lokasi prioritas dan komponen infrastruktur lokasi prioritas.

“Dengan melakukan perbandingan komparasi, studi observasi lapangan, dan kriteria-kriteria teknis yang ada di juknis atau juklak dari IBM maupun panduan infrastruktur,” terangnya.

Lanjut Yayat, kegiatan PISEW ini akan memperkenalkan pada masyarakat terkait SK dari Menteri PUPR terkait daftar lokasi, pengenalan terhadap pedoman teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat, petunjuk teknis, dan bahan sosialisasi yang memuat profil desa dan survei identifikasi kawasan.

“Kita akan melakukan integrasi terhadap seluruh perencanaan dengan melihat RPJM desa, kecamatan, kabupaten, peta jaringan jalan terkait permukiman dan pengembangan sosial ekonomi untuk lokasi prioritas dengan didampingi fasilitator”, tuturnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, PPK Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jawa Timur Yayat Winadi, Camat penerima PISEW, KKAD (Kelompok Kerjasama Antar Desa), Tenaga Ahli dan Pendamping Fasilitator Masyarakat.

Sebar dan Bagikan :

Shares