DPMD Ngawi : Sosialisasi Penyusunan APBDes 2023

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 917 views
Banner

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ngawi gelar Sosialisasi Penyusunan APBD Desa Tahun 2023 dalam kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah Desa, di ruang pertemuan Bima, Notosuman, Sabtu (27/01/23).

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono hadir dalam kegiatan ini sekaligus menyerahkan piagam penghargaan desa mandiri, beasiswa pendidikan, dan santunan jaminan kematian kepada sejumlah masyarakat dan perwakilan desa.

Dalam kesempatan ini, Ony menjelaskan tiga agenda yang menjadi prioritas kegiatan pemerintah desa (Pemdes) pada pembinaan rutin awal tahun dalam APBD desa, yakni menekan angka kemiskinan, penurunan stunting dan gizi buruk, serta pemenuhan infrastruktur dan pelayanan. “Selanjutnya dikawal bareng supaya bersinergi dan selaras dengan kegiatan kabupaten terkait support, visi misi presiden atau kegiatan pemerintah provinsi”, katanya.

Untuk meminimalisir terjadinya korupsi, Inspektorat juga berperan langsung dalam mengawasi perencanaan. Bupati menegaskan agar Pemdes dalam penyusunan APBD desa harus dilakukan sesuai kaidah dan regulasi sehingga terimplementasi dengan baik. “Kalau penyusunan, prasyarat dan perencanaannya benar, Insyallah bisa menekan tindakan korupsi. Kami menginginkan anggaran terkait infrastruktur dapat dimanfaatkan secara optimal,” tandasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Inspektur Inspektorat Ngawi Yulianto Kusprasetyo, sejumlah pimpinan OPD, Kepala BPJS Cabang Ngawi Setyoningsih, Camat dan Kepala Desa serta Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se Kabupaten Ngawi.

Sebar dan Bagikan :

Shares