Bupati Ngawi Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Secara Virtual

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 604 views
Banner

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi secara virtual, Kamis (18/8/22) di Command Center Sekretariat Daerah Ngawi.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

Melalui virtual, Presiden RI Joko Widodo sampaikan bahwa saat ini momok terbesar seluruh negara adalah inflasi termasuk Indonesia. Karena keadaan sekarang tidak normal maka dari itu kami tegaskan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota yang ada agar berkerja keras, tidak boleh bekerja standar dan menggunakan standar baku, harus saling memperhatikan permasalahan mikro dan makro.

Kemudian lanjut Jokowi, Pemerintah Daerah juga diharapkan membangun koordinasi dan kerjasama dengan TPID yang ada di daerah maupun pusat dalam penguatan pengendalian inflasi.

“Pantau disetiap daerah, apa saja penyebab utama terjadi inflasi mulai dari pemunuhan pasokan pangan dan kenaikan harga pangan yang terjadi. Sehingga nantinya pemerintah daerah bisa berkolaborasi antar TPID dalam pemenuhan stabilitas pangan daerah,” tegasnya.

Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo dalam laporannya sampaikan inflasi pada Tahun 2022 diperkirakan akan lebih tinggi dari batas atas kisaran. Hal ini terutama disebabkan oleh masih tingginya harga energi dan pangan global, gangguan cuaca serta kesenjangan pasokan antar waktu dan antar daerah.

Disampaikan Bupati Ngawi usai ikuti kegiatan ini bahwa beberapa startegi yang sudah dan akan dilaksanakan guna menekan angka inflasi di daerah, “Yang pertama terkait penyederhanaan rantai industri dan supply chain, melakukan kerjasama antar daerah yang memiliki surplus sejumlah komoditi misal ketika harga komoditi cabai naik kita dapat bekerja sama dengan daerah yang surplus cabai misal daerah kediri. serta inovasi inovasi pangan mandiri sehingga masyarakat tidak tergantung dengan komoditi yang sedang naik”, ujarnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares