Sambang Desa, Nyambung Roso Di Desa Jatimulyo

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 642 views
Banner

Tidak seperti biasanya, Masjid Al Muqorobbin Desa Jatimulyo Kecamatan Mantingan, Jumat (12/08/22) dipadati jamaah sholat Subuh, pasalnya Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Ngawi malaksanakan sholat berjamaah disini dalam rangkaian program Subuh Bergerak dalam rangka Sambang Desa Nyambung Roso.

“Kita ingin keberkahan Subuh mengalir kepada para pemimpin di Kabupaten Ngawi. Dan, kita ingin didoakan oleh seluruh masyarakat agar senantiasa amanah menjalankan tugas di pemerintahan,” tutur Bupati Ngawi dalam Kultumnya.

Selain bertujuan untuk monitoring dan evaluasi program pelayanan untuk masyarakat, diungkapkan Ony Harsono bahwa Subuh Bergerak juga menjadi role model dalam memanfaatkan waktu secara optimal. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika dimulai sejak dini, mulai Sholat Subuh berjamaah kemudian penyaluran bantuan sembako untuk warga setempat, hingga rapat koordinasi dengan perangkat desa terkait penanganan kemiskinan,dilanjutkan senam bersama dan audensi dengan warga masyarakat dikantor desa Jatimulyo, “Kita memang sengaja menghadirkan kegiatan ini di hari Jum’at, karena hari ini penuh berkah, serta menepis anggapan bahwa hari Jum’at itu hari yang pendek,” katanya .

Dikesempatan ini, Bupati Ngawi juga mengatakan pentingnya mempertahankan ketahanan pangan, dengan menjaga kesuburan lahan pertanian demi keberlangsungan pertanian itu sendiri, “Kita mustahil bisa berkembang lebih jauh apabila ketahanan pangan ini kita abaikan. Alhamdulillah, di Ngawi sudah banyak yang mengaplikasikan pertanian ramah lingkungan, saya matursuwun sanget, ini menjadi ikhtiar kita supaya ketahanan pangan kita tetap terjaga,” ujarnya.

Didesa Jatimulyo ini juga dilakukan pelaksanaan vaksinasi dan booster, penyerahan BLT DD, meninjau Pelayanan Adminduk dan pelayanan perijinan keliling yang juga terpusat di kantor desa, dilanjutkan meninjau kegiatan pertanian ramah lingkungan, meninjau pelaksanaan lokasi bedah rumah, vaksinasi PMK, serta meninjau sejumlah potensi desa.

Dengan tinjauan langsung, dikatakan Ony Anwar bisa langsung memberikan intervensi yang di perlukan, seperti fasilitas ijin PIRT bagi industri rumah tangga yang belum memilikinya, juga melihat penggunaan pupuk organik pada lahan pertanian.

Serangkaian kegiatan Subuh bergerak di akhiri dengan meninjau bazar UMKM yang digelar oleh TP PKK Kecamatan Mantingan yang bertempat di wisata Gunung Kendil

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi Ana Mursyida, Wakil Bupati, Dwi Rianto Jatmiko, Sekda Ngawi, Mokh.Sodiq Triwidiyanto, Pejabat lingkup Pemkab Ngawi, Camat dan kepala Desa se-Kecamatan Mantingan.

Sebar dan Bagikan :

Shares