Safari Ramadhan, Dusun Cepet, Kendal, Bupati Minta Petani Rubah Sistem Pengelolaan Lahan Pertanian

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 921 views
Banner

Masih, dalam rangkaian Safari Ramadhan, kali ini Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Ngawi kali ini ke Masjid Nurul Huda di Dusun Cepet, Desa Kendal Kecamatan Kendal, Rabu (20/04/22).

Usai Sholat Isya’ dan Tarawih berjamaah, Kepala Desa Kendal, Suwarno menyampaikan ucapan terimakasihnya untuk kunjungan Bupati Ngawi beserta rombongan didesa ini, kemudian menceritakan sejarah perjalanan pembanguan masjid Nurul Huda, yang sebelumnya mushola hingga menjadi masjid berkat gotong royong masyarakat.

Tidak hanya itu, Suwarno yang juga menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi petani didesa ini, terkait pengolahan lahan di masa tanam kedua, berharap dengan kedatangan Bupati Ngawi ini bisa memberikan solusi dan bantuan.

Menanggapi hal ini Bupati Ngawi meminta petani di desa ini untuk merubah cara pengelolaan lahan dengan sistem kemandirian dan pertanian ramah lingkungan, “Dimana sistem ini mengharuskan petani untuk menggunakan bahan – bahan alami seperti zaman dulu, untuk mengembalikan kesuburan tanah dan bisa mengurasi hama secara alami,” jelasnya panjang lebar.

Ony Anwar Harsono menegaskan jika petani mau beralih dengan sistem ini, dapat meningkatkan hasil yang maksimal, “Dan, mengembalikan unsur hara tanah yang tadinya buruk menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Kali ini, Bupati Ngawi minta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk mendampingi petani didesa ini, dengan sosialisasi dan praktik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai, Al Qur’an dan peralatan sholat kepada Ta’mir Masjid Nurul Huda.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Ony Anwar Harsono bersama istri, Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko, Ketua Kementerian Agama wilayah Ngawi Zaenal Arifin, pimpinan OPD, serta Anggota Forkopimcam Kendal dan Kades se wilayah Kecamatan Kendal.

Sebar dan Bagikan :

Shares