BPBD Ngawi Bersama TNI/Polri Gelar Apel Siaga Bencana

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 116 views
Banner

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi bersama TNI/Polri beserta lintas sektoral gelar Apel Siaga Dalam Antisipasi Bencana di Taman Candi, Beran Ngawi dipimpin Bupati Ngawi, Budi Sulistyono, Kamis (19/11/20).

Hadir dalam apel ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ngawi, Kepala BPBD Ngawi, Prilla Yuda Putra, Kepala Dinas Kesehatan Ngawi, Yudono beserta personel TNI/Polri, dan PMI Kabupaten Ngawi
Bupati Ngawi dalam sambutannya mengatakan bencana tidak hanya peristiwa alam murni, tetapi bisa dilakukan antisipasi untuk upaya pencegahannya, “Seperti banjir, bisa diantisipasi dengan hal – hal kecil, seperti tidak membuang sampah disungai, dan bencana tanah longsor bisa dicegah dengan menjaga kelestarian hutan dengan tidak menebang pohon sembarangan,” katanya.

Kehadiran aparatur Pemerintah dalam upaya pencegahan bencana ditengah masyarakat dikatakan Budi Sulistyono menjadi keharusan, “Sehingga dalam penanganan serta pengendalian bencana mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” lanjutnya.

Bupati Ngawi berpesan agar personil yang bertugas terus melakukan koordinasi lintas sektoral juga memonitor prakiraan cuaca dan kondisi debit air, “Hal ini sebagai bentuk deteksi dini kita dalam menyiapkan langkah antisipasi yang cepat dan tepat,” tandasnya.

Sementara Kepala BPBD Ngawi, Prilla Yudha Putra mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan kesiapan dalam menghadapi bencana terutama di musim hujan tahun ini, yang menurut data dari BMKG curah hujannya mengalami peningkatan hingga 40 persen, “Kami dari BPBD sudah mempersiapkannya, baik dari sumber daya manusianya, peralatan, dan sinergitas, hingga koordinasi dengan stakeholder, kami sudah siap, bahkan kami tingkatkan,” terangnya.

Usai Apel tim gabungan dari berbagai unsur ini, melakukan simulasi penyelamatan korban banjir di arena Kalimati, Taman Candi, Beran, “Kami lakukan ini, sebagai simulasi tanggap darurat terhadap banjir, mengingat musim penghujan sudah datang dengan intensitasnya yang cukup tinggi. Dan, tim gabungan ini sudah siap melakukan penanganan dan penyelamatan korban banjir di Kabupaten Ngawi,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Ngawi. (Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

0Shares
0 0