Bappelitbang Gelar Rakor Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Kabupaten Ngawi tahun 2018

di %s Sekitar Kita 108 views

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang)  Kabupaten Ngawi menggelar Rapat Koordianasi  Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Program Kegiatan Kabupaten Ngawi  Tahun 2018 di Gedung Kesenian, Senin (4/02).

Hadir dalam acara ini, Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono, Sekretaris Daerah  Kabupaten Ngawi, Mokh Sodiq Triwidiyanto,  Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Ngawi, Hermiati Retno Sriwulan, Kepala Bappelitbang Indah Kusumawardhani, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat Se-Kabuapten Ngawi.

Bupati Ngawi dalam sambutannya sampaikan tujuan utama kegiatan ini adalah penurunan kemiskinan disamping capaian kerja, “Bobot paling utama dalam hal ini terkait penyerapan anggaran. Tidak hanya proses kinerja tapi outputnya harus merujuk pada manfaat yang goal nya turunnya angka kemiskinan,”kata Budi Sulistyono.

Sementara Kepala Bappelitbang Indah Kusumawardhani tandaskan bahwa rakor pengendalian dan evaluasi ini sangat penting dan strategis. “Sebagaimana diketahui selama ini, capaian keberhasilan OPD yang ditekankan pada keberhasilan dalam menyerap sumber daya terutama anggaran, sementara yang lainnya tidak mendapat perhatian,” ungkap Indah Kusumawardhani. Lebih lanjut, Danik sapaan akrabnya jelaskan seharusnya OPD mampu mencapai hasil secara seimbang serta sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ditetapkan “Capaian keberhasilan juga harus mengutamakan kinerja dan mensinergikan dengan pencapaian indikator kerja utama,” katanya

Dalam paparan Kepala Bappelitbang disebutkan bahwa capaian kinerja utama, yakni menurunnya tingkat kemiskinan, dari angka kemiskinan dengan target  13,38-12,88 persen terealisasi dengan capaian 14,83 persen, tingkat pengangguran terbuka 7,3 persen terealisasi  dengan capaian 5,7 persen dan dilakukan melalui survey Badan Pusat Statistik, “Juga pada peningkatan kualitas pembangunan manusia, target indeks pembangunan manusia  per 70 dengan capaian 69,27. Sedangkan peningkatan kualitas insfrastruktur wilayah untuk memberikan akses optimal terhadap pembangunan wilayah dengan target indeks infrastruktur  per 4 dengan capaian 3,1. Serta meningkatnya kualitas penataan ruang dan pengendalian lingkungan hidup dengan target Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) 63,59 dengan capaian 64,57,” ujarnya.

Dengan hasil paparan tersebut, Kepala Bappelitbang simpulkan bahwa program kegiatan Kabupaten Ngawi tahun 2018, capaian kinerja lebih tinggi dari kerja hal ini sesuai dengan perbandingan antara capaian kerja dan kinerja, “Perencanaannya pun cukup seimbang, dan ditunjukkan dengan efisiensi anggaran serta efektifitas dalam capaian indikator kinerja,” pungkasnya. (red/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Terkini Dalam Sekitar Kita

Go to Top