Kurangi Pengaruh Gadget dengan Dolanan Keren Jaman Biyen

di %s Sekitar Kita 958 views
Banner

Ledakan perkembangan informasi dan teknologi kian tak terbendung saat ini, bahkan telah berpengaruh pada perubahan gaya hidup masyarakat. Dulu,internet dianggap sebagai sesuatu yang “wah” dan rumit namun faktanya sekarang internet, telah menjadi sesuatu yang lazim dan addict bagi banyak orang. Bahkan sering kita jumpai anak kecil yang piawai menggunaka  gadget canggih. Mungkin saat ini, sudah jarang dijumpai anak – anak bermain dengan permainan tradisional. Sudah menjadi pemandangan yang langka bahkan punah dikalangan anak-anak modern. Game di gadget adalah salah satu pilihan dan bahkan menjadi permainan favorit bagi anak-anak zaman sekarang.

Keprihatinan inilah yang melatarbelakangi digelarnya Dolanan Keren Jaman Biyen yang digagas Keluarga Besar Ikatan Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Ngawi di Alun – Alun Merdeka Ngawi, Sabtu (11/8). Turut hadir dalam acara ini, Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ony Anwar, Sekretaris Daerah M Sodiq Triwidiyanto , Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Djatmiko, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Selain mengesampingkan penggunaan gadget pada anak, juga sebagai ajang nostalgia permainan di masa lalu saat ini mulai ditinggalkan.“Kegiatan ini merupakan suatu cara untuk nguri-nguri budaya, permainan tradisional seperti ini sekarang sudah hampir punah. Makanya, ketika IKA UII mempunyai ide seperti ini, ya kita sambut, kita kerahkan anak anak kita agar lebih mengenal lagi permainan-permainan jaman dulu atau jaman biyen,” ungkap Bupati dalam sambutannya. Bupati juga berharap adanya acara ini bisa mengajak anak – anak untuk sementara waktu tanpa gadget, “Semua permainan ini menyehatkan, karena mengolah fisik. Disamping itu juga, mempererat persahabatan, kerjasama menggolah pikiran dan mengolah bagaimana tentang kebersamaan,” tutur Budi Sulisyono.

Sebelum dimulai acara diawali dengan pemotongan tumpeng perwakilan dari IKA UII Ngawi, Hj. Antik Budi Sulistyono. Kemudian dilanjutkan dengan lomba bakiak yang di ikuti Bupati dan Wakil Bupati Ngawi beserta Istri, selain itu juga Ketua DPRD Ngawi, Sekretaris Daerah Ngawi, Kepala Bagian Humas turut meriahkan kegiatan ini dengan permainan balap karung. (Kominfo)

 

 

Sebar dan Bagikan :

Shares