Apel Peringati HUT ke-79 PMI, Usung Aksi Adptasi Perubahan Iklim

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 77 views
Banner

Bertempat di Halaman Pendopo Wedya Graha, Ketua PMI Ngawi, Budi Sulistyon pimpin apel peringatan HUT ke-79 Palang Merah Indonesia (PMI), Rabu (18/9/24).

Ketua PMI Ngawi dikesempatan ini menyampaikan sambutan dari Ketua PMI Nasional, Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla dalam amanatnya menyampaikan tema peringatan HUT ke 79 PMI adalah Aksi Adptasi Perubahan Iklim mendasar pada dasar Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan serta tugas – tugas kepalangmerahan.

“Dalam aksi ini PMI juga melaksanakan kegiatan kemanusiaan, berupa penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah, dan penanganan masalah kesehatan sosial serta pendidikan pelatihan dan tugas- tugas kemanusiaan lainnya,” katanya.

Selain itu, Jusuf Kalla juga mengatakan bencana alam dan kesehatan adalah salah satu masalah global. yang perlu menjadi perhatian PMI yaitu isu atau adanya perubahan iklim menyebabkan masalah di dunia. Perubahan iklim tidak bisa ditolak tapi harus kita adaptasi.

Disebutkan Jusuf Kalla dalamm amanatnya, bahwa agenda utama yang di fokuskan pada beberapa kegiatan adaptasi perubahan iklim serta menjaga kelestarian lingkungan. Seperti keterlibatan relawan dan seluruh komponen PMI dalam program penghijauan penanaman pohon di sekitar lingkungan tempat tinggal, sekolah kampus dan fasilitas umum. Disamping, pelatihan pembuatan bibit tanaman untuk anak sekolah dengan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai bentuk penggerak sebaya di sekolah. “PMI dalam kepalangmerahan tetap berpegang dalam prinsip dasar gerakan internasional palang Merah dan bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan,” jelasnya.

Tidak lupa, Ketua PMI Nasional juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada segenap relawan, karyawan, pengurus, serta jajaran PMI di semua tingkatan atas pengabdian selama ini. dalam upaya meningkatkan sinergi kemanusiaan kepalangmerahan dalam aksi adaptasi iklim.

Apel peringatan HUT ke 79 PMI ini turut dihadiri Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko, Sekda Sodiq Triwidiyanto, Kepala OPD terkait, anggota PMI serta peserta dari PMR (Palang Merah Remaja) sekolah dan organisasi masyarakat.

Disela kegiatan ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan bagi pendonor darah aktif dan juga penyerehan bibit kepada PMR perwakilan sekolah.

Sebar dan Bagikan :

Shares