Gelar Pelatihan Tenaga Kesahan, Kurangi Gangguan Kesehatan Mata di Kabupaten Ngawi

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 144 views
Banner

Dinas Kesehatan Ngawi bekerjasama dengan Yayasan PARA MITRA Indonesia menggelar pelatihan tenaga kesehatan di Puskesmas se-Kabupaten Ngawi di gedung kesenian selama tiga hari mendatang, Selasa – Kamis ( 10-13/9/24).

Diungkapkan Manager Proyek Moch. Marsudi program ini fokus utamanya meningkatkan kapasitas dan kesiapan tenaga kesehatan dalam menerapkan program I-SEE di wilayah Kabupaten Ngawi.

“Selain itu, program ini juga mempunyai tujuan untuk mendukung peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan mata yang inklusif dan komprehensif, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” jelasnya.

Marsudi juga menjelaskan bahwa program I-SEE ini sudah melakukan MoU CBM serta pelaksanaan programnya menggandeng Dinas Kesehatan sebagai leading sektornya, dan akan dilaksanakan selama 3 tahun yang didasari dari Permenkes No. 82 Tahun 2020.

Marsudi berharap program ini bisa merefresh Dokter dan juga programmer dokter indera terkait kesehatan mata disamping membantu mendukung, bersinergi serta meningkatkan kualitas kesehatan mata khususnya dan bidang kesehatan lainnya yang ada di Kabupaten Ngawi.

Sementara itu untuk semua peserta, Kadinkes Yudono minta untuk mengikuti dan mencermati materi yang dilakukan selama tiga hari kedepan. “Hal ini sebagai refresing dengan tujuan akhir bisa membantu mengurangi permaslahan mata dengan cepat,” kata Yudono.

Selanjutnya Yudono mengungkapkan pelatihan ini nanti juga akan diberikan untuk kader dan guru agar bisa membantu tenaga kesehatan di Puskesmas terkaiat masalah kesehatan mata. “Pada prinsipnya pelatihan ini nantinya bisa mengurang angka kebutaan yang ada di Kabupaten Ngawi,” terangnya.

Di kesempatan ini Yudono minta Puskesmas membuka poli mata seminggu sekali, “Yang bertujuan untuk menemukan gangguan penglihatan yang ada di wilayah puskesmanya,” ujarnya.

Sebar dan Bagikan :

Shares