Apel gelar pasukan operasi mantap praja semeru 2024

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 829 views
Banner

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Polres Ngawi bersama Pemerintah Kabupaten Ngawi menggelar Apel Pasukan, Penandatangan Deklarasi Damai Pilkada serta Gladi Lapang Sispamkota Ops Mantap Praja semeru 2024 di halaman Kepatihan, Kamis (15/08/24).

Di kesempatan ini Wabup Ngawi, Dwi Rianto sekaligus pemimpin apel menyampaikan amanat Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto yang menyebutkan bahwa Apel gelar pasukan ini diselanggarakan untuk melakukan pemeriksaan personil , sarana dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pengamanan pilkada serentak 2024. “ Ini sebagai wujud nyata komitmen kita dalam memastikan suluruh tahapan pilkada serentak 2024 di Jatim khusunya Kab.Ngawi berjalan lancar aman dan damai,” kata Kapolda Jatim seperti yang disampaikan Wabup.

Selain itu Kapolda Jatim juga mengutip pernyataan Presiden RI, Joko Widodo bahwa Pemilu ini merupakan hal yang sangat penting karena pelaksanaan pemilukada ini dilakukan serentak dan terbesar dalam sejarah Indonesia.

“Dan unuk mengantisipasi perhelatan pemilukada serentak dan terbesar ini, kapolda Jatim melakukan pemetaan menyeluruh melalui indeks potensi kerawanan pemilukada sehingga nantinya bisa cepat dalam pengambilan langkah pencegahan yang tepat dan efektif,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dalam amanat ini disampikan bahwa kegiatan pengamanan ini juga didukung oleh unsur TNI, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait dengan sandi Operasi manta Praja Semeru 2024, yang mana kegiatan ini akan dilaksanakan selama 135 hari yang dimulai tanggal 19 Agustus sampai 31 Desember. “Untuk jumlah personil yang akan diterjunkan sejumlah 155.937 personil yang terdiri dari 26.075 Polri, 8239 TNI, serta 120.624 linmas. Semua personil ini akan disebar di 60.312 TPS guna memastikan keamanan selama proses pemungutan suara agar tercipta pemilukada yang aman, nyaman dan tenang,” lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menyatakan bahwa Polres Ngawi dan seluruh stakeholder terkait bak TNI maupun Pemerintah Daerah siap mengamankan pelaksanakan Pilkada di wilayah Kabupaten Ngawi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Damai oleh seluruh ketua Partai serta Gladi Lapang Sispamkota Ops Mantap Praja semeru 2024.

Hadir dalam pelaksanaan Apel gelar pasukan operasi mantap praja semeru 2024 ini, anggota Forkopimda, Ketua dan juga perwakilan Partai, Organisasi, Anggota KPU, Bawaslu, OPD terkait dan juga tokoh masyarakat.

Sebar dan Bagikan :

Shares