Hardiknas 2024, Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 278 views
Banner

Tepat, tanggal 2 Mei ini, Pemerintah Kabupaten Ngawi gelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan Tema Bergerak bersama lanjutkan merdeka belajar dengan Inspektur Upacara Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Kamis (02/05/24) di Alun – Alun Merdeka Ngawi.

Dikesempatan ini Bupati Ngawi menyampaikan pidato resmi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang menekankan pentingnya pendidikan untuk memajukan bangsa.
“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan. Perjalanan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” kata Nadiem seperti yang disampaikan Bupati Ngawi.

Dijelaskan Nadiem, perubahan sistem pembelajaran pada kurikulum Merdeka Belajar bukanlah suatu hal yang mudah. Karena butuh proses mendalam agar bisa beradaptasi untuk menerapkan segala materi. Namun, lanjut Nadiem dalam pidatonya berkat kerja sama dari pemerintah dan para pendidik yang telah berdedikasi dalam mengajar serta membimbing generasi muda, mereka dianggap sebagai garda terdepan sebagai menghadapi tantangan. “Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan, rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” tandasnya.

Di Hardiknas tahun ini, Nadiem juga mengungkapkan, ketika langkah dari segala elemen mulai serempak dalam menerapkan segala materi pembelajaran, keadaan dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan dengan pandemi Covid-19, yang menimbulkan dampak perubahan dalam proses belajar mengajar hingga mengubah cara hidup secara drastis, “Pada saat yang sama, pandemi memberikan kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong-royong. Kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama,” tuturnya.

Karena itulah, menurut Nadiem perjalanan selama lima tahun terakhir ini bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan gerakan Merdeka Belajar, sehingga perubahan yang menyeluruh ini dapat diteruskan secara berkelanjutan agar terwujud semakin majunya pendidikan di Indonesia.
“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam amanat kali ini, Nadiem minta upaya telah dilakukan ini untuk dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang cita-citakan.

Setelah sampaikan sambutan, Bupati Ngawi menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemenang lomba dalam peringatan Hardiknas tahun 2024, serta pertunjukan kesenian pelajar se Kabupaten Ngawi.

Sementara Bupati Ngawi diperingatan Hardiknas kali ini menerangkan bahwa untuk implementasi merdeka belajar, diperlukan peningkatan kapasitas kapabilitas guru penggerak khususnya di Kabupaten Ngawi dengan mendorong lembaga terutama Kepala Sekolah sebagai guru penggerak.

“Harapanya memang semua Kepala Sekolah adalah guru penggerak supaya untuk profil Pancasilanya bisa di jalankan secara optimal,” tegasnya.

Selain itu, diungkapkan Ony Anwar merdeka belajar itu tidak hanya pembelajaran pada materi akademis namun juga ekstrakulikuler yang menggali potensi siswa.

” Diberikan ruang untuk dapat menggali bakat dan minat siswa dan mereduksi ketergantungan kepada gadget,” tuturnya.

Turut hadir dikesempatan ini, Ketua TP PKK Kab. Ngawi, Ana Mursyida Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko beserta istri, Ketua DPRD Ngawi, Heru Kusnindar beserta istri, Forkopimda Kabupaten Ngawi, Kepala OPD lingkup pemkab Ngawi, Camat, dan Kepala sekolah, pengajar, dan pelajar.

Sebar dan Bagikan :

Shares