Lantik Anggota Forum BUMDES, Bupati Minta Gali Potensi Setiap Desa

di %s Berita 237 views
Banner

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono secara resmi lantik anggota Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kabupaten Ngawi periode 2021-2024 di Ruang Data Pendopo Wedya Graha, Selasa (11/2/22).

Ony Anwar Harsono dalam sambutannya berharap forum ini tidak sebatas seremonial saja, tapi juga ajang silaturahmi dan koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Ngawi dan Pemerintah Desa. “Dengan sinergitas ini, diharapkan bisa mempercepat pengembangan potensi desa seperti pertanian, wisata dan lainnya yang dikelola Bumdes sekaligus bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat serta mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan di setiap desa,” tuturnya.

Selain itu Bupati Ngawi juga ingin anggota forum ini menjadi wadah bertukar pikiran untuk meningkatkan kapasitas dan kapabiltas dalam menggali potensi yang ada di desa sesuai dengan karakteristiknya. “Saya menginginkan setiap desa bisa memahami potensi desanya masing – masing, dan tidak ikutan trend desa lain. Karena setiap desa memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Jadi, jika kita fokus dan jeli melihat potensi itu maka akan terwujud Bumdes, unggul dan berkualitas dan berbeda dengan yang lain,” tandasnya.

Sementara itu Kepala DPM Pemdes, Kabul Tunggul Winarno menyampaikan kegiatan ini sebagai ajang kolaborasi antara pengurus masing-masing Bumdes dalam mengembangkan potensi wilayahnya.

Kali ini, Kabul juga menjelaskan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa yang harus berbadan hukum, “Sehingga nantinya bisa mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Desa,” jelasnya.

Kabul juga ingin kedepan ada lomba antar Bumdes, yang nantinya bisa memacu perkembangan dan percepatan untuk Bumdes lainnya.

Turut hadir dalam acara ini pejabat lingkup Pemkab Ngawi, dan Ketua Cabang Bank Jatim Ngawi, Yetty Fitria Suprapto beserta jajarannya. (Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

Shares