Sosialisasi Gemarikan, Ketua TP PKK, Minta Ibu Kreatif Olah Ikan

di %s Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 80 views
Banner

Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi sosialisasikan program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), bersama Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi, Ana Mursyida Ony Anwar, di Sumber Air Sidorejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Selasa, (23/11/21).

Juga hadir dalam kegiatan ini, Kadin Dinas Pangan dan Perikanan, Bonadi, Wakil Ketua III TP PKK Ngawi, Ny. Heru Kusnindar, Camat Kendal, Kusnu Heri Purwanto bersama jajarannya.

Kadin DPP Ngawi, Bonadi menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait manfaat mengkonsumsi ikan mengingat saat ini prosentase konsumsi ikan di Kabupaten Ngawi masih cukup rendah dan angkanya di bawah dari Provinsi dan Nasional, “Saat ini prosentase konsumsi ikan Kabupaten Ngawi sekitar 24,3 persen di bawah Provinsi 36 persen dan Nasional mencapai 54 persen,” jelasnya.

Tidak hanya kegiatan ini, diungkapkan Bonadi, bahwa yang dilakukan pemerintah salah satunya sudah dilakukan di sejumlah pekarangan rumah disekitar Desa Sidorejo berupa penangkaran ikan, “Seperti yang disampaikan Camat Kendal di Desa Sidorejo ini, banyak keluarga memiliki kolam ikan konsumsi seperti lele dan nila untuk sekedar dikonsumsi,” terangnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi, Ana Mursyida Ony Anwar dikesempatan ini mengatakan ikan memiliki gizi yang seimbang dan baik, maka sosialisasi makan ikan ke masyarakat itu menjadi hal yang penting terutama mempersiapkan tumbuh kembang anak, “Kegiatan sosialisasi ini rutin kita lakukan, untuk memasyarakatkan gemar makan ikan atau konsumsi ikan. Sehingga nantinya, balita kita lebih mengenal dan menyukai ikan. Karena, ikan sangat bermanfaat sekali untuk tumbuh kembang balita,” terangnya.

Ana Mursyida berharap usai kegiatan ini, ibu yang anaknya masih balita lebih kreatif mengolah ikan bahkan bisa menciptakan makanan dari olahan ikan, “Sehingga bisa mengkonsumsi ikan yang tidak hanya digoreng tetapi dengan berbagai macam olahan dan balita kita bisa senang makan ikan,” tandasnya.

Ditambahkan Ketua TP PKK bahwa ikan dengan kandungan gizi yang seimbang dan gemar mengkonsumsi terutama pada anak, akan mampu berdampak pada penurunan angka stunting, yang saat ini menjadi isu nasional pada pertumbuhan anak, “Hal ini sangat berkaitan sekali, dalam upaya pengentasan angka stunting. Sebab, kandungan gizi yang terdapat di ikan sangat bagus, tidak hanya protein tapi juga lemak yang baik untuk pertumbuhan anak,” tuturnya.

Disela kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi juga melakukan penanaman pohon dan tebar benih ikan. (Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

Shares