Tanam Pohon Buah-buahan dan Sengon, Bupati Ngawi Harapkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Hutan

di %s Berita 424 views
Banner

Untuk meningkatkan ekonomi produktif masyarakat di wilayah sekitaran hutan serta tindak lanjut hasil kesepakatan bersama atau MoU antara Pemerintah Daerah bersama Balai Perhutani Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara dan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur. Balai Perhutani Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) lakukan tanam pohon buah buahan dan Sengon di Desa Bangunrejo Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Kamis (17/11/21).

Hadir di kegiatan ini, Bupati Ngawi, Ony Anwar bersama Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Madiun Koordinator Wilayah Ngawi, Muh Kuntari, dan Administratur KPH Ngawi, Tulus Budyadi, Pendamping Perhutanan Sosial, Heru Sujiyanto bersama Forkopimcam Karanganyar.

Menurut Bupati Ngawi kegiatan ini bentuk komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar hutan dengan memanfaatkan kehutanan sosial, “Dengan program pengembang Perhutanan sosial nusantara (Bang Pesona) ini, masyarakat di sekitar hutan bisa meningkatkan ekonomi,”tuturnya.

Tidak hanya itu, Ony Anwar Harsono juga berharap program ini mampu memberikan manfaat untuk ekonomi produktif bagi masyarakat disekitar hutan. “Juga manfaat ekologi bagi masyarakat, salah satunya dengan hasil oksigennya,” lanjutnya.

Sementara, Administratur KPH Ngawi, Tulus Budyadi mengungkapkan bibit tanaman yang akan ditanam merupakan bantuan dari pengembangan perhutanan sosial melalui BPSKL, “Pemilihan tanaman dari jenis yang memiliki banyak fungsi seperti buah – buahan dengan total 6 ribu bibit diantaranya 50 ribu bibit Sengon, 166 bibit Mangga, 167 bibit Jeruk, dan 167 bibit Jambu”, ungkapnya. (Kominfo)

Sebar dan Bagikan :

Shares