Bupati Dorong Para Petani Terapkan Sistem Jajar Legowo

di %s Berita 448 views
Banner

DSC_0452

Bupati Ngawi Budi Sulistyono didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0805, Sekda beserta Instansi terkait melakukan Panen Raya Sistem Jajar Legowo Desa Sidorejo, Kecamatan Karangjati, Selasa (24/02).

Kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh orang nomor satu di Kota Kripik Tempe ini untuk diberikan kepada Kepala Desa disambut tepuk tangan warga desa yang menyaksikan kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Ngawi sedang berupaya meningkatkan produksi pertanian guna menunjang Program Pemerintah Pusat mewujudkan swasembada pangan tiga tahun kedepan. “Target produksi sebanyak 950 ribu ton/tahun dengan luas areal tanaman padi 51 ribu hektar dengan perkiraan produksi sebanyak 6,4 ton/hektare,”.

Salah satu upaya mewujudkan tersebut ialah mendorong para petani untuk menerapkan sistem jajar legowo untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan pengelolaan tanaman terpadu, pengaturan jarak tanaman, pemupukan berimbang dan pengendalian hama tanaman.

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah Daerah guna meningkatkan produksi pangan dengan memperbaiki sistem irigasi, melakukan pengamanan dini akan perkembangan organisme pengganggu tanaman (OPT), serta meningkatkan koordinasi antara petugas penyuluh lapangan (mantri) yang melibatkan petani lapangan.

Selain itu, Pemerintah Daerah kini juga bekerja sama dengan TNI dalam hal pembangunan irigasi pertanian dan penyuluhan di lapangan kepada kelompok tani agar produksi padi semakin meningkat.

Sebar dan Bagikan :

Shares