Ada Keris Berkekuatan Magis di Pameran

di %s Berita/Informasi 746 views
Banner

KOTA – Benda-benda kuno bila mendapat sentuhan perawatan ternyata memiliki daya seni tinggi. Seperti yang dipamerkan di Paseban Alun-alun Merdeka sepekan terakhir. Meski terkesan lusuh, barang-barang peninggalan leluhur itu bisa dijual dengan harga tinggi. Hal itu yang menjadi alasan kuat kenapa banyak kolektor benda antik yang memburunya. “Orang bilang benda seni itu tidak harus dinilai dengan uang. Memang benar ungkapan itu,” terang Farid Yuda, koordinator pameran.

Benda-benda jadul (jaman dulu) yang dipajang pun beraneka ragam. Seperti keris peninggalan kerajaan Majapahit dan Mataram, peralatan bercocok tanam warga dan seni ukir yang memiliki kekhasan tersendiri. Menariknya, keris yang dipamerkan rata-rata masih memiliki kekuatan magis. “Pengunjung tidak boleh pegang dan mengambil fotonya. Cuma bisa melihat di rak kaca saja. Ya ini masih ada kekuatan gaibnya,” urainya.

Meski baru kali pertama ini menggelar pameran, warga yang ingin melihat benda-benda kuno dari jarak dekat lumayan banyak. Tak cuma orang dewasa, anak-anak pun juga berseliweran. Hanya saja, butuh pengawasan khusus bisa stan pameran dijejali anak-anak dan remaja. “Kadang-kadang itu iseng memegang keris. Padahal ada sebagian yang tajam. Kami harus ekstra mengawasinya,” jelasnya.

Kata dia, sebenarnya banyak warga lokal penghobi benda antik. Mereka belum bisa terkoordinir. Barang-barang yang dimiliki hanya untuk kepuasan pribadi. “Bila ada wadahnya kami yakin Ngawi bisa menunjukan eksistensinya sebagai kolektor benda kuno,” paparnya.

Putri Suminar Nindy Ningrum, salah seorang pengunjung mengatakan, benda-benda kuno yang dipamerkan cukup artistik dan beragam. Tidak terfokus pada senjata peninggalan kerajaan Majapahit dan Mataram saja, benda kuno yang nilai seninya tak kalah menarik juga dipajang. “Ada lesung padi yang sebagian sudah lapuk. Ada pula peralatan jaring untuk menangkap ikan. Terkesan simpel sebenarnya. Tapi sangat elegan,” tuturnya. (radarmadiun)

Sebar dan Bagikan :

Shares