Monev GPBLHS Kabupaten Ngawi

di %s Bakohumas/Berita/Kabar Kita/Kabar Ngawi/Pemerintahan 480 views
Banner

Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan pada anak, termasuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Pun, yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Ngawi dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), Kamis (20/06/24) di Pendopo Wedya Graha.

Acara ini dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Perwakilan lembaga terkait mulai SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA, Kepala OPD terkait, dan narasumber dari DLH Provinsi Jawa Timur Imanuel Kharisma.

Bupati Ony Anwar Harsono di kesempatan ini menyampaikan bahwa untuk menjalankan gerakan peduli budaya lingkungan disekolah harus dilakukan dengan berkominten bersama.
“Kita harus bersama-sama dengan semua pihak untuk berkomitmen menjalankan kegiatan tersebut didalam lembaga pendidikan,” katanya.

Sehingga berbudaya lingkungan lanjut Bupati bisa menjadi pendidikan karakter yang wajib dijalankan di sekolah. “Jadi dari kewajiban tersebut kalau orientasinya itu Adiwiyata, kita tinggal menaikkan levelnya saja dengan standart penilaian Adiwiyata,” terangnya.

Untuk mewujudkan program ini, Bupati minta Dinas Lingkungan Hidup bersama lembaga pendidikan berkomitmen melalui pakta integritas peduli budaya lingkungan disetiap lembaganya masing – masing, “ Nanti saya tunggu kepada semua pihak terkait baik dari DLH, Lembaga pendidikan terkait untuk menandatangangi pakta integritas, agar semua permasalahan Adiwiyata ini cepat terselesaikan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DLH, Taufiq Agus Susanto menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui indikator capaian sekolah yang telah melaksanakan Gerakan PBLHS atau sekolah yang telah mendapat penghargaan adiwiyata baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional, disamping evaluasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Gerakan PBLHS di Kabupaten Ngawi.

Selain itu, menurut Taufik kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran sekolah akan pentingnya menumbuhkan karakter peduli terhadap lingkungan hidup dan
gerakan PBLHS di Kabupaten Ngawi.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan lounching pemilihan duta lingkungan yang pesertanya dari kader-kader adiwiyata sekolah.

Sebar dan Bagikan :

Shares