Upacara Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Ngawi

di %s Berita 433 views
Banner

DSC02415

Polres Ngawi Antisipasi Bencana Alam Upacara Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Ngawi, dilaksanakan di halaman Kecamatan Kwadungan, Senin (15/2). Dalam kesempatan ini Pj Bupati hadir di undang oleh Polres Ngawi.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh beberapa Instansi Pemerintah yang berada di wilayah Kabupaten Ngawi. Intansi tersebut terdiri Polres Ngawi, Kodim 0805, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, PMI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya.

Upacara Gelar Pasukan tersebut bertujuan untuk membentuk koordinasi pemerintah, masyarakat dan unsur terkait mengenai penanggulangan bencana. Seringnya bencana alam yang melanda beberapa titik di wilayah Kabupaten Ngawi beberapa waktu lalu, membuat Pemerintah Daerah harus kerja ekstra keras. Karena akibat bencana tersebut menyebabkan kerugian materil yang di alami warga.

Bencana alam yang terjadi dipicu juga dengan kondisi alam dan cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan terjadinya bencana yang tidak diduga.

Apel Gelar Kesiapan Bencana yang dilaksanakan ini, dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan yang telah dipersiapkan, baik sarana dan prasana yang di berdayakan untuk penanggulangan bencana tersebut, seperti kendaraan Dinas/Instansi , kendaraan milik TNI-POLRI.

Pemerintah berharap dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Ngawi, TNI- Polri, Pemda, Instansi Teknisi serta Organisasi Kemasyarakatan menjadi pilar utama masyarakat dalam mengantisipasi bencana alam yang terjadi sewaktu-waktu di musim penghujan ,seperti bencana tanah longsor yang dapat mengancam keselamatan jiwa masyarakat.

Wakapolres Ngawi Kompol Edy Priyono mewakili Polres Ngawi menuturkan kegiatan apel gelar kesiapan penanggulangan bencana dilakukan dalam rangka mengantisipasi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Ngawi, Yang kita persiapkan adalah seluruh sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Ngawi namun untuk personil yang hadir yaitu dari Kodim 0805, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, PMI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Organisasi Kemasyarakatan lainnyaā€¯ tuturnya

Kompol Edy Priyono juga mengatakan untuk titik rawan bencana yang harus diwaspadai, pihak sudah memiliki pemetaan daerah-daerah rawan, dan data pemetaan tersebut sudah ada di BPBD serta sudah disosialisasikan oleh pihak BPBD. Ia juga menghimbau kepada masyarakat harus agar lebih waspada dalam memasuki musim penghujan.

Sebar dan Bagikan :

Shares