Indahnya Hutan Kota Ngawi Di Ngudal

di %s Berita 1,135 views
Banner

Air merupakan kebutuhan pokok yang wajib di jaga kelestariannya, oleh karena itu Kantor Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum berupaya menyelamatkan sumber mata air yang ada di kabupaten ngawi, salah satunya dengan menjadikan wilayah tangkapan air menjadi hutan kota.

Seperti yang dilakukan di Sumber mata air ngudal yang berada di desa karang asri ngawi, ribuan pohon dari berbagai jenis berumur dua tahunan tertata rapi serta kelihatan hijau. “ ribuan pohon tertanam dari buah-buahan hingga tanaman keras tertanam disini, ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Ir. Sudirman.

aaa

 

Selain untuk daerah tangkapan air, kedepan hutan kota akan berfungsi sebagai tempat wisata alam yang menarik untuk di kunjungi. “ Selain dekat dengan kota, udara segar, alami dan sangat cocok untuk kolam renang sehingga menjadi wisata alam yang menyenangkan “.

Kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon di mulai sejak tahun 2010 dan selama dua tahun ini kita melakukan perawatan bersama-sama dengan PDAM, mulai dari pembersihan ilalang, penyirama di waktu kemarau hingga pemupukan dan setelah itu kita lepas.

as

Bukan hanya di ngudal saja, tetapi ada 7 titik sumber mata air yang ada di daerah ngrambe, Kendal, jogorogo. “ di tahun ini ada empat titik termasuk waduk pondok yang terlihat gersang. Sementara di ngudal luas lahan sekitar 8 hektar, sedangkan baru 50% yang bias kita lakukan, karena terkendala dengan anggaran. Untuk menyelesaikan kesemuanya membutuhkan dana sekitar 500 juta.

 

Sebar dan Bagikan :

Shares