Siaga Banjir, BPBD Jatim Siapkan Posko Di Daerah Rawan

di %s Berita/Informasi 404 views
Banner

Sebagai upaya antisipasi kerugian akibat bencana banjir, Badan Penanggulangan Bencana ( BPBD) Jawa Timur sudah menyiapkan posko di beberapa daerah yang sudah banjir dan dianggap rawan banjir. Termasuk daerah yang berada di sepanjang aliran Bengawan Solo, sebab saat ini debit Bengawan Solo juga sudah menunjukkan peningkatan dan perlu diwaspadai.
“Kita selalu melakukan koordinasi dengan BPBD di Kabupaten dan Kota yang banjir, serta daerah lainnya. Untuk dana penanggulangan, kami melakukan shearing dengan Kabupaten dan Kota,” Kata Kepala BPBD Jatim Sudarmawan dikonfirmasi Jumat (4/1)
Menurutnya, musim hujan yang sudah menyebabkan banjir di beberapa daerah di Jatim membuat BPBD Jatim menetapkan status siaga. Terlebih lagi, diprediksikan intensitas hujan akan terus bertambah yang berpotensi terjadinya banjir lebih besar.
Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini banjir telah melanda beberapa daerah diantaranya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Ngawi, Bojonegoro dan Ponorogo. Akan tetapi, status banjir di beberapa daerah tersebut masih bersifat genangan dan berlangsung cepat, tidak sampai
berhari hari. “Penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi, sehingga air melampaui kapasitas tampungan air dan beberapa sungai kecil. Akibatnya akaterjadi luberan air dan menggakibatkan banjir, tapi sifatnya masih genangan,” katanya
Karena sifatnya masih genangan, Sudarmawan mengatakan sampai saat ini belum ada warga yang dievakuasi. Mereka masih mampu bertahan di rumah mereka masing-masing sebelum akhirnya banjir surut. (kominfo.jatimprov.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares