Pemkab Bangun Jalur Batu untuk Terapi

di %s Berita 686 views
Banner

Wajah Alun-alun Merdeka bakal berubah.Itu menyusul dibangunnya jalur batu sepanjang 200 meter yang bisa dimanfaatkan untuk terapi kesehatan. Bebatuan yang menghasilkan pijatan khas saat diinjak telapak kaki itu ‘diimpor’ dari Kalimantan. Kepala Dinas DPU Bina Marga,Cipta Karya dan Kebersihan Bambang Hariyono mengatakan,penggarapan jalur batu itu belum kelar.Namun,lanjut dia,sudah dimanfaatkan sebagian warga untuk terapi.”Tentu saja tidak menggunakan alas kaki,biar merasakan efeknya,” ujarnya kemarin(15/9).
Menurut dia,pengerjaan jalur batu tersebut sudah mencapai 70 persen.Dia memastikan,fasilitas itu sudah rampung akhir tahun ini.”Terapi batu dan jogging track ini untuk mengakomodasi permintaan para manula dan orang dewasa.Sebab,sarana untuk olah raga sudah semakin sempit.Butuh lokasi khusus,ya ini tempatnya,” ungkap Bambang.

Meski tampak sederhana,terapi batu dan jogging track itu menyedot bujet cukup besar,yakni,sekitar Rp 750 juta.Anggaran seluruhnya berasal dari pemerintah pusat.”Desainnya rumit dan membutuhkan ketelatenan. Sudah lama kami mengajukan proposal ke pemerintah pusat.Dan,baru mendapat rekomendasi atau persetujuan tahun ini.Tak ada anggaran sepeser pun dari APBD,” paparnya.

Dia menambahkan,Sektor barat alun-alun kelak juga akan dipoles.Taman bagian selatan bakal ditata ulang dengan dilengkapi sejumlah gazebo untuk beristirahat.Selain itu,pembangunan fasilitas untuk para penghobi burung. ”Kami sudah mendesain sedemikian rupa.Dan,kuncinya harus berorientasi untuk penghijaun atau go green yang terus digalakkan pemerintah pusat,”ucapnya. Pembenahan yang diprediksi membutuhkan waktu lama, kata dia,pemolesan Lapangan Merdeka.Lokasi yang biasanya untuk kegiatan upacara memperingati hari-hari besar nasional itu akan disulap menjadi lapangan sepak bola standar. (sumber: kotangawi.com)

Sebar dan Bagikan :

Shares