Hama wereng ancam ribuan partanian warga

di %s Berita 984 views
Banner

Sebanyak ribuan lahan pertanian terancam gagal panen, itu terjadi di tiga desa di Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, diantaranya desa Gemarang dan Desa Planglor.

Lahan pertanian milik warga pertanian desa setempat mengalami gangguan hama wereng yang mengakibatkan mereka tidak bias menikamati hasil panennya, padahal usia tanaman padi mereka sudah menginjak 2 bulan, upaya mereka sudah melakukan dengan cara melakukan penyemprotan pestisida maupun anti hama, namun hasilnya tetap tidak maksimal.

Seperti yang di utarakan oleh salah satu petani, Wakidi,46, Warga Dusun Ngrayudi, Desa Gemarang Kecamatan Gemarang, saat di temui wartawan di lokasi mengatakan,” Pihaknya tidak bias berbuat apa-apa, pasalnya hama wereng yang menyebar di tanaman padinya sudah menjamur dan tidak bias di atasi,”Ungkapnya (08/01/11).

Ditambhkan pula, “ Selama ini pihak dinas terkait teruitama penyuluh lapangan belum pernah turun kelapangan, padahal tanaman pertanian warga sekitara yang masih baru dengan usia 1 bulan juga mengalami hal yang sama, di pastikan pihaknya akan mengalami kerugian puluhan juta rupiah dalam setiap hektarnya,” Tambah Wakidi.

Padahal, lahan pertanian di Kabupaten Ngawi khususnya padi menjadi pemasukan besar bagi propinsi Jawa timur dalam kategori tingkat ketahanan pangan, di harapkan pemerintah setempat segera melakukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di lahan pertanian warga. (Pan).

Sebar dan Bagikan :

Shares