Upacara HUT Satpol PP Ke-64 dan HUT ke-52 Linmas se-Jawa Timur

di %s Berita 458 views
Banner

Surabaya, Pemerintah Provinsi gelar acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-52 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Pembukaan Rakornas Pol PP Tahun 2014 di Lapangan Kodam V Brawijaya.(Senin,3/03/2014)

DSC_0071-1
Dr.H.Soekarwo SH,M.Hum didampingi Komandan Upacara HUT Satpol PP ke 64 memeriksa kesiapan pasukan

Dalam acara HUT Satpol PP ke-64 yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Inrup) adalah Gubernur Jawa Timur Dr.H.Soekarwo,SH,M.Hum.dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kepala Satpol PP Kab.Ngawi Lutfi Mujahidin .Acara HUT Satpol PP ke-64 ini dihadiri ratusan peserta terdiri dari anggota satpol pp seluruh jawa timur,Anggota Linmas Prov.Jawa Timur, Dishub Kominfo Prov Jawa Timur, PNS lingkup Provinsi Jawa Timur, Pramuka, TNI dan Polri sedangkan tamu undangan terdiri dari Pangdam V Brawijaya, Dirjen Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negri, Sekda Prov.Jawa Timur, Bupati/Walikota Provinsi Jawa Timur dan Kepala Satpol PP se-Indonesia.

DSC_0037-2
Komandan Upacara Lutfi Mujahidin memimpin upacara HUT Satpol PP

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutannya meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas untuk siap mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. “Satpol PP dan Linmas tugas pokoknya adalah menegakkan peraturan daerah (perda). Tapi mereka juga memiliki tugas tambahan yang membantu menyukseskan pemilu untuk penegakkan peraturan Pemilu,” ujar Soekarwo ditemui usai Upacara Peringatah HUT ke 64 Satpol PP dan ke 52 Satlinmas, dengan tema Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mengawal Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 melalui Tugas Pokok dan Fungsi. Dia menuturkan, penegakkan peraturan pemilu yang dilakukan Satpol PP dan Linmas  diantaranya seperti penertiban baliho-baliho dinilai masih kurang. “Tentang aturan perundangan baliho dan sebagainya itu harus ditingkatkan, karena memang masih kurang. Jadi aturan harus benar-benar ditegakkan biar pemilu betul jurdil,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Agung Mulyana mengatakan, selain Polri dan TNI mengamakan pada kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) juga diminta untuk mengawal pelaksanaan Pemilu.”Di setiap TPS ada 2 Linmas, yang memang sudah dalam Undang-Undang sudah diatur dan memang diperbantukan,” ujarnya. Untuk anggaran Satpol PP dan Linmas, katanya, dalam hal itu juga sudah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Pembiayaan dari KPU pusat, tinggal mensosialisasikan tugas apa yang dilakukan di TPS oleh Satpol PP dan Linmas itu,” terangnya.

Kegiatan HUT Satpol PP dan Linmas di Kodam V Brawijaya ditutup dengan cukup aktraktif. Karena, para undangan dihubur atraksi tari kolosal yang menceritakan tentang kerajaan Majapahit serta bela diri yang ditampilkan oleh personel Satpol PP.

Sebar dan Bagikan :

Shares