KPU Akan Umumkan Hasil Pemilukada 7 September

di %s Berita/Informasi 472 views
Banner

DESIGN_MASKOTKomisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar dan mengumumkan hasil hitungan manual atau rekapitulasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Jatim pada Sabtu, 7 September 2013.

Komisioner KPU Jatim, Najib Hamid saat ditemui di KPU Jatim, Selasa (3/9) mengatakan hasil rekapitulasi suara secara manual di tingkat provinsi oleh KPU Jatim akan dilaksanakan 7 September, mulai pukul 09.00 WIB, di Hotel Shangrila, Surabaya. Semua dari 38 KPU kabupaten/kota se-Jatim akan diundang.

 

Selain mengundang KPU se kabupaten/kota, dan Bawaslu, KPU Jatim juga akan mengundang semua tim pemenangan empat pasangan Cagub-Cawagub juga diundang. Yakni, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (Beres), Bambang DH-Said Abdullah (Jempol) dan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah). “Tak ketinggalan juga Bawaslu dan lembaga terkait lainnya juga diundang,” ujarnya.

 

Menurutnya, saat ini tahapan penghitungan manual sudah di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan. Kemudian, pada 3-4 September, tahapan penghitungan suara manual akan dilakukan di KPU tingkat kabupaten/kota.

 

“Usai real count di Shangrila itulah, KPU akan mengumumkan siapa pemenang Pilgub Jatim 2013,” ujarnya.

 

Sesuai tahapan pemilukada, rekapitulasi harus dilakukan lewat beberapa tingkatan. Seperti proses rekapitulasi yang dimulai di tingkat PPS pada 30-31 Agustus, kemudian di tingkat PPK pada 1-2 September, dilanjutkan di tingkat KPU kab/kota pada 3-4 September dan terakhir rekapitulasi dilakukan di tingkat KPU Provinsi pada 5-7 September.

 

Sementara itu Tim Penasehat Pemenangan pasangan Soekarwo – Saifullah Yusuf (KarSa), Martono mengatakan pihaknya tidak akan membuat hitungan secara manual (Real Count), tetapi pihaknya menyerahkan sepenuhnya masalah penghitungan suara ke KPU Jatim selaku penyelenggara pemilu.

 

“Adanya hitung cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei terkait hasil Pilkada Jatim dinilai cukup,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan pelaksanaan Hari H atau saat pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim pada Kamis, 29 Agustus 2013, berjalan tanpa terkendala apapun dan kondisi aman.

Seperti diketahui, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim ini diikuti oleh empat pasangan calon yaitu nomer urut satu Soekarwo – Saifullah Yusuf (KarSa), nomer urut dua Eggi – M. Sihat (BerES), nomer urut tiga Bambang DH, Said Abdullah (BangSa), dan nomer urut empat Khofifah – Herman (berkah) (kominfo.jatimprov.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares