Pekan Seni Pelajar Sebagai Ajang Pelestarian Seni Dan Budaya

di %s Berita/Informasi 605 views
Banner

pekansenipelajar2013Pekan Seni Pelajar, merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam upaya Pembinaan, Pengembangan, Peningkatan Mutu Kesenian di Sekolah, sebagai salah satu strategi memasyarakatkan seni di lingkungan sekolah.
Pendidikan Seni di sekolah merupakan salah satu aspek penting karena pendidikan seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi siswa yang harmonis antara Logika, Etika, Estetis, Artistik dalam pengembangan kreativitas dalam menumbuhkan kesadaran, kemampuan berapresiasi terhadap keragaman budaya.

PSP diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Tahun 2013, Surabaya yang pada tahun 2011 menjadi Juara Umum dipercaya menjadi tuan rumah PSP. Pembukaan Pekan Seni Pelajar 2013 dilaksanakan,Sabtu (15/6), di Halaman Taman Surya, PSP dibuka oleh Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, Rasiyo.

Pada kesempatan tersebut, Rasiyo menyampaikan pesan Gubernur Jatim, Soekarwo event ini merupakan salah satu langkah untuk mempertahankan budaya Jawa Timur yang bernafaskan Bhineka Tunggal Ika. Sehingga, dapat menjadi pilar tegaknya kesatuan NKRI.

Rasiyo juga menyampaikan, event seperti ini juga menumbuhkan dan menggali kemampuan apresiasi siswa yang meliputi persepsi, pengetahuan, pengertian, penilaian, keterlibatab dan penghargaan terhadap seni. “Melalui event seperti ini juga bisa mengembangkan minat, bakat kreativitas dan keterampilan siswa dibidang seni,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Harun, MSi, MM mengatakan bahwa Pekan Seni Pelajar Jatim kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali di tingkat provinsi dan tempatnya secara bergantian.

Kegiatan itu mempunyai tujuan membekali anak-anak sebagai generasi penerus bangsa berkemampuan tinggi, berkepribadian luhur dan berkarakter. Disamping itu juga untuk mengembangkan bakat, kreativitas, dan ketrampilan di bidang seni, serta memupuk rasa cinta terhadap khasanah budaya bangsa sebagai jati diri dan filter terhadap pengaruh budaya luar.

Pekan Seni Pelajar se Jawa Timur dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 15-18 Juni 2013. Pekan Seni Pelajar diikuti oleh siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dari 38 kab/kota se Jawa Timur, lomba pun disesuaikan dengan jenjang sekolah yang ada, untuk Tingkat SD/Mi mempertandingkan Lomba Seni Lukis, Seni Patung, Seni Teater, Samroh, Festival Tari Anak, Pertunjukan Tetembangan, Lomba Paduan Suara dan Lomba Baca Puisi.Tingkat SMP/Mts meliputi Lomba Seni Lukis Poster, Teater Remaja, Samroh Remaja, Tari Remaja, Tetembangan , Paduan Suara, dan Baca Puisi. Tingkat SMA/MA meliputi Lomba Desain Tekstil, Teater Remaja, Samroh, Tari, Drama Tetembangan, Paduan Suara, dan Musikalisasi Puisi. Peserta yang mengikuti Pekan Seni Pelajar ada 1900 Siswa dari 38 Kab/Kota bertujuan menumbuhkan kemampuan Apresiasi Siswa meliputi : Persepsi, Pengetahuan, Pengertian, Penilaian, Keterlibatan dan Penghargaan pada seni, Mengembangkan Potensi Kreatif Siswa dalam berkesenian dan menumbuhkan kesadaran jati diri siswa serta pemahaman akan keanekaragaman seni yang menjadi Identitas bangsanya. Tema Pekan Seni Pelajar “Sebagai Wahana Peningkatan dan pengembangan Mutu Kesenian di Sekolah Berbasis Karakter Pekerti Bangsa”. (klinikpendidikanjatim.com)

Sebar dan Bagikan :

Shares