BKN Kembangkan Berbagai Inovasi Layanan Kepegawaian

di %s Berita/Informasi 441 views
Banner

Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus mengembangkan berbagai inovasi layanan kepegawaian. Inovasi layanan kepegawaian ini adalah salah satu manifestasi nyata reformasi birokrasi dan layanan prima yang digulirkan BKN. Inovasi ini antara lain Computer Assisted Test (CAT), Assessment Center, dan Sistem Aplikasi Layanan Kepagawaian (SAPK). Informasi ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Aris Windiyanto saat menerima rombongan mahasiswa Program Pascasarjana Magister Administrasi Pemerintahan Daerah (MAPD) Insitut Pemerintahan Dalam Negeri yang dipandu dosen Eddy Topo Ashari, di Gedung CAT lantai II BKN Pusat Jakarta, Senin (26/11). Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Sub Direktorat (Kasubdit ) Rekrutmen dan Seleksi Heri Susilowati dan Kasubdit Perencanaan Kompensasi Pegawai Sukamto.

Computer Assisted Test (CAT) adalah salah satu quick wins (layanan unggulan) berupa metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk memperoleh sumberdaya PNS yang berkualitas. Keunggulan metode ini adalah penilaian dilakukan secara obyektif karena pemeriksaan hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT, memudahkan proses pemeriksaan ujian, dan memudahkan peserta dalam pelaksanaan ujian. “BKN telah mengimplementasikan CAT selama beberapa tahun terakhir, baik untuk keperluan internal BKN maupun sejumlah instansi pemerintah lainnya,”ucap Aris Windiyanto.

Aris Windiyanto pun menjelaskan bahwa Assessment Centre adalah juga quick wins yang dimiliki BKN yang ditujukan mengukur potensi seorang pegawai. Assessment terhadap kompetensi seseorang dilakukan dalam rangka mewujudkan PNS yang profesional dan berkinerja tinggi guna menduduki jabatan tertentu.

SAPK adalah layanan kepegawaian berbasis web yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan biaya yang sangat murah. Sistem baru ini berlaku efektif mulai tanggal 25 Juli 2011 sehingga pelayanan kenaikan pangkat periode Oktober 2011 sudah harus melalui SAPK. Dengan SAPK, data kepegawaian akan selaluu terbarui. “Bagi instansi yang mengajukan kenaikan pangkat namun belum menggunakan SAPK, maka usul kenaikan pangkat tidak akan diproses oleh BKN” ungkap Aris Windiyanto

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa melakukan simulasi CAT, memperhatikan fasilitas Assessment Centre, dan melihat secara langsung pemanfaatan SAPK dalam layanan kepegawaian. Edy Topo Ashari menyatakan harapannya agar mahasiswa dapat mengetahui secara langsung kiprah dan eksistensi BKN dalam melakukan manajemen dan pembinaan kepegawaian secara nasional melalui visitasi ini. (bkn.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares