Pengguna Internet Meningkat, Keamanan Masih Rendah

di %s Berita/Informasi 382 views
Banner

Saat ini pengguna internet di Indoensia terus bertambah dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari data Kementerian Kominfo, peningkatan terjadi sebesar 32% pada 2010 dan paling tinggi perkembangannya di antara negara Asia Tenggara lainnya dengan total pengguna Internet di Indonesia pada Desember 2010 adalah sebanyak 8,6 juta pengguna. Namun, proteksi kemanan pada media IT tersebut masih tergolong rendah.
Direktur Keamanan Informasi Kemenkominfo, Bambang Heru Tjahjono mengatakan, akses internet saat ini sangat mudah diperoleh. Bahkan melalui ponsel dengan harga murah pun sudah dapat digunakan untuk internet. “Mudahnya mengakses internet ini harus tetap ada proteksi keamanan data agar tak mudah disalahgunakan orang lain,” ujarnya, Selasa (20/11).
Ia mengatakan, pengguna Internet di Indonesia kebanyakan adalah pengguna berumur 15-25 tahun mencapai 40% dari total pengguna Internet Indonesia. Lama penggunaan Internet di Indonesia adalah 14,8 jam atau paling rendah di antara negara Asia Tenggara lainnya. Pengguna Internet laki-laki lebih lama online di Internet dari pada perempuan di Indonesia.
Untuk penetrasi jejaring sosial, terutama FaceBook di Indonesia mencapai 90% dan Indonesia adalah negara ke 8 tertinggi untuk penetrasi FaceBook di dunia. Sedangkan pengguna twitter mencapai 21% dari total pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2011 dan menempati urutan ke 4 di dunia untuk penggunaan Twitter.
Sedangkan pengakses website yang menyajikan fitur sharing foto (terutama FaceBook) mencapai 90% di Indonesia. Penetrasi situs travel di Indonesia sebesar 22% di tahun 2010 (meningkat 42% dibanding tahun 2009). Penetrasi situs ritel di Indonesia sebesar 50% di tahun 2010 (meningkat 20% dibanding tahun 2009).
Pengguna online banking di Indonesia meningkat 72% pada tahun 2010 (mencapai 749 ribu pengguna unik). Online banking yang paling banyak diakses di Indonesia adalah: bankmandiri.co.id, bni.co.id, dan citigroup. Penetrasi situs multimedia di Indonesia mencapai 55%, menurun 1% dibanding tahun 2009.
Penetrasi situs blog di Indonesia mencapai 68% pada tahun 2010, meningkat 8% dibanding tahun 2009 dan merupakan penetrasi paling besar di antar negara Asia Tenggara lainnya pangsa pasar Google search di Indonesia mencapai 85% dan rata-rata search per pengguna di Indonesia mencapai 91,4%.
“Dengan fakta dari data yang ada, tentunya keamanan informasi harus menjadi prioritas, karena tak sedikit masalah muncul karena mudahnya menyampaikan informasi pribadi di situs jejaring sosial yang sangat rentan disalahgunakan orang yang tidak bertanggungjawab,” katanya.
Menurut dia, untuk bisa mengatasi permasalahan keamanan informasi saat ini masih terdapat beberapa kendala. Di antaranya koordinasi antar lembaga instansi pemerintah masih lemah mengenai cyber security. Selain itu, tingkat awareness instansi pemerintah serta masyarakat di Indonesia mengenai keamanan internet dan cyber security masih rendah, serta implementasi pengamanan TIK di Indonesia masih berjalan sendiri-sendiri.
Kurang terlaksananya tata kelola TIK dan tatakelola keamanan TIK di Instansi pemerintah dan tingginya kesenjangan digital di Indonesia juga menjadi persolaan yang perlu dicarikan jalan keluarnya. “Secara bertahap, masayarakat perlu terus diedukasi agar tak hanya dapat mengakses internet saja, tapi juga bisa menjaga keamanan dalam sistem informasi , terutama dalam situs jejaring sosial yang banyak diakses masyarakat,” pungkasnya. (kominfo.jatimprov.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares