Bahas Tarif Interkoneksi, 18 Negara Bertemu di Bali

di %s Berita/Informasi 440 views
Banner

JAKARTA, – Delapan belas negara dari Asia Oceania akan mengikuti acara International Telecomunication Union Regional Seminar on Costs and Tariffs for Member Countries of the Regional Group for Asia and Oceania (ITU-SG3RG-AO). Pertemuan yang akan membahas tarif dan interkoneksi internasional ini akan dilaksanakan pada 28-30 Mei 2012 di Kuta, Bali.

“Seminar ini akan membahas perkembangan pentarifan pada layanan telekomunikasi internasional dan isu ekonomis terkait, termasuk dampak perkembangan teknologi pada pentarifan layanan telekomunikasi internasional,” demikian siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informasi, hari ini (26/5).

Dijelaskan, Indonesia mempunyai kepentingan dalam pembahasan ini terkait dengan international mobile roaming, International Internet connectivity, network externalities, pengukuran trafik internet internasional dan isu lainnya.

“Berbagai materi seminar akan disampaikan oleh ITU expert, akademisi, konsultan dan regulator dari berbagai negara Asia Oceania yang akan berbagi pengalamannya di bidang tarif dan isu-isu ekonomi yang terkait dengannya,” terang siaran pers tersebut.

ITU-T SG3RG-AO merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia yang juga sedang mereview dan mempersiapkan regulasi telekomunikasi dan ICT di era konvergensi dan broadband, khususnya regulasi mengenai pentarifan dan interkoneksi.

“Pemerintah akan memanfaatkan momen berharga ini untuk memberikan kontribusi aktif dalam membangun solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi industri saat ini dan di masa yang akan datang,” paparnya.

Lebih dari itu, kegiatan ini juga merupakan ajang bagi masyarakat dan pemerintah untuk memeromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada peserta dari mancanegara.

Rencananya pertemuan akan dibuka oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika M. Budi Setiawan, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kalamullah Ramli, serta Ketua SG3RG-AO, Byoung Nam Lee. (kominfo.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares