Sekda: Serius Tangani Disiplin Pegawai

di Berita/Informasi oleh

Sidak Jalan Terus

Ketidakhadiran PNS dalam pemanggilan oleh BKD dan Inspektorat terkait dengan tidak hadir pada hari pertama masuk setelah lebaran menjadi perhatian serius Sekreataris daerah Kab. Ngawi, Mas Agoes Nirbito MW, SH, M.Si. Mereka yang terbukti membolos diminta membuat surat pernyataan.

Dari beberapa sidak yang telah dilakukan ditemukan beberapa hal yang menjadi perhatian untuk diperbaiki dalam sistem sidak. Sebagai tindak lanjut dari berbagai temuan sidak mendapatkan perhatian yang sangat serius dari Sekretaris Daerah, pada hari Kamis (8/9/2011) telah dikumpulkan Tim Sidak untuk melakukan evaluasi pelaksanaan sidak yang terdiri dari unsur Inspektorat, Asisten Administrasi Setda Kab. Ngawi, BKD, dan Satpol PP yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Ngawi, Mas Agoes Nirbito MW, SH, M.Si.

Kendala-kendala teknis ditemui dalam pelaksanaan sidak antara lain: Protap sidak yang perlu disempurnakan; Sistem absensi yang perlu ditata lebih lanjut; Ketentuan jam kerja yang harus dimengerti dan dipahami oleh semua aparatur; Sistem pengawasan melekat yang perlu ditingkatkan sejalan dengan PP 53 tentang Disiplin PNS.

Bahwa untuk penegakan disiplin pegawai akan terus dilakukan sampai dengan benar-benar tertib absensi mulai jam 07.00 WIB s/d 15.00 WIB, hal ini dicontohkan dari Sekretariat Daerah sampai dengan hari ke-4 pasca lebaran, sidak masih terus dilaksanakan langsung oleh Sekretaris Daerah dan akan terus berlanjut sampai dengan benar-benar tertib absensi. Yang selanjutnya akan dilakukan sidak secara insidentil/sesuai kebutuhan pada SPKD yang lainnya.

Dengan demikian diharapkan tertib absensi, tertib jam kerja menjadi pangkal tolak awal untuk penegakan disiplin pegawai di lingkup Pemkab Ngawi menuju produktifitas/peningkatan kinerja PNS menuju pelayanan yang prima kepada masyarakat.(humas ngawi)

Leave a Reply